Abu Bakar Baasyir Bebas

Keprihatinan Jokowi Diungkap Yusril Jadi Alasan Bebaskan Terpidana Terorisme Abu Bakar Baasyir

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) adalah orang di balik pembebasan tanpa syarat memberatkan untuk terpidana terorisme, Abu Bakar Baasyir (81).

Keprihatinan Jokowi Diungkap Yusril Jadi Alasan Bebaskan Terpidana Terorisme Abu Bakar Baasyir
KOMPAS.com/Ramdhan Triyadi Bempah
Kuasa Hukum Jokowi-Maruf Amin, Yusril Ihza Mahendra memberikan keterangan usai bertemu dengan terpidana terorisme Abu Bakar Baasyir di Lapas Gunungsindur, Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019). Keprihatinan Jokowi Diungkap Yusril Jadi Alasan Bebaskan Terpidana Terorisme Abu Bakar Baasyir 

SURYA.co.id | JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) adalah orang di balik pembebasan tanpa syarat memberatkan untuk terpidana terorisme, Abu Bakar Baasyir (81).

Yusril Ihza Mahendra selaku Kuasa Hukum Jokowi-Maruf Amin, Jokowi mengaku kepadanya, sejak lama prihatin terhadap sosok Abu Bakar Baasyir yang sudah renta dan sedang dalam kondisi sakit, namun mendekam di penjara.

 Abu Bakar Baasyir sudah mendekam di Lapas selama 9 tahun dari vonis pidana 15 tahun yang dijatuhkan majelis hakim kepadanya.

Berita Terbaru - Abu Bakar Baasyir Bebas Minggu Depan, Pulang ke Solo dan Ceramah Dibatasi

Abu Bakar Baasyir Bersyukur Segera Bebas, Yusril Ungkap Jokowi Tak Kriminalisasi Ulama

"Sudah saatnya Abu Bakar Baasyir menjalani pembebasan tanpa syarat-syarat yang memberatkan," ujar Yusril Ihza Mahendra melalui keterangan pers, Jumat (18/1/2019).

"Pak Jokowi kemudian berpendapat bahwa Abu Bakar Baasyir harus dibebaskan karena pertimbangan kemanusiaan," ujar Ketua Umum Partai Bulan Bintang ini usai menyambangi Bau Bakar Baasyir di Lapas Gunungsindur, Jumat (18/1/2019).

Terpidana Abu Bakar Ba'asyir di Lapas Gunungsindur Bogor. Abu Bakar Baasyir Bersyukur Segera Bebas, Yursil Ungkap Jokowi Tak Kriminalisasi Ulama
Terpidana Abu Bakar Ba'asyir di Lapas Gunungsindur Bogor. Abu Bakar Baasyir Bersyukur Segera Bebas, Yursil Ungkap Jokowi Tak Kriminalisasi Ulama (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)

Jokowi kemudian memerintahkan Yusril menelaah aspek hukum mengenai kemungkinan membebaskan Abu Bakar Baasyir sepenuhnya.

Foto-Foto Abu Bakar Baasyir Segera Bebas Usai 9 Tahun Dipenjara, Begini Kondisinya

Maruf Amin Selow Tanggapi Irit Bicara hanya 4 Menit, Jokowi 23 Menit saat Debat Perdana Pilpres 2019

"Pak Jokowi bilang ke saya, bahwa beliau tidak ingin ada ulama yang berlama-lama di dalam lembaga pemasyarakatan," ujar Yusril.

Setelah ia mengerjakan apa yang diminta Jokowi, Yusril memastikan bahwa pembebasan Abu Bakar Baasyir dapat dilakukan dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

"Semua pembicaraan dengan Abu Bakar Baasyir, saya laporkan kepada Pak Jokowi sehingga beliau yakin ada cukup alasan untuk membebaskan Abu Bakar Baasyir dari penjara," ujar Yusril.

Pada Jumat pagi, ia didampingi Yusron Ihza Mahendra dan Afriansyah Noor bertandang ke Lapas Gunungsindur untuk memberitahukan pembebasan kepada Abu Bakar Baasyir.

Halaman
123
Editor: Iksan Fauzi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved