Pileg 2019

Ada Bacaleg Diduga Mantan Napi Koruptor, KPU Jatim akan Koordinasi dengan Pengadilan, ini Tujuannya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mensinyalir adanya mantan napi koruptor mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Legislatif DPRD Jatim.

Ada Bacaleg Diduga Mantan Napi Koruptor, KPU Jatim akan Koordinasi dengan Pengadilan, ini Tujuannya
surya/bobby constantine koloway (Bobby)
Divisi Hukum, Pengawasan SDM dan Organisasi KPU Jatim, Muhammad Arbayanto. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur mensinyalir adanya mantan napi koruptor mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Legislatif untuk DPRD Jawa Timur.

Untuk menyelidiki hal ini, KPU Jatim akan melakukan verifikasi berkas dengan melakukan koordinasi bersama Pengadilan Negeri maupun Pengadilan Tinggi di Jawa Timur.

Komisioner KPU Jatim, M Arbayanto menyebut sebelumnya ada tiga bacaleg diduga terlibat dalam kasus korupsi dan narkoba.

"Kami mensinyalir ada bacaleg yang terlibat dalam tiga kasus narapidana yang dilarang untuk mencalonkan diri di dalam pencalegan," kata Arba ketika dikonfirmasi di KPU Jatim, Kamis (2/8/2018).

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018, bacaleg yang pernah terlibat dalam tiga kasus dilarang untuk mengikuti proses pencalegan.

Tiga kasus tersebut di antaranya adalah pernah menjadi bandar narkoba, pelaku kejahatan seksual anak, hingga terpidana kasus korupsi.

Berdasarkan dokumen dari bacaleg yang bersangkutan bahwa satu bacaleg dinyatakan terpapar narkoba.

Namun, bukan sebagai bandar narkoba melainkan pengguna, sehingga masih diperbolehkan untuk mengikuti pencalonan bacaleg.

"Yang bersangkutan juga telah menggumumkan statusnya di media dengan dibuktikan surat keterangan dari pemimpin redaksi media bahwa dia menggumumkan ke publik sebagai mantan pengguna narkoba," kata Arba.

Sedangkan dua bacaleg lainnya terindikasi pernah terlibat kasus korupsi.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved