Berita Pasuruan

Gelar Pelatihan, Wali Kota Pasuruan Gus Ipul Dukung UMKM Naik Kelas dan Berdaya Saing

Sektor UMKM menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia yang berperan penting dalam membangun perekonomian nasional, khususnya Kota Pasuruan.

surya.co.id/galih lintartika
Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) usai memberi motivasi UMKM untuk naik kelas dan berdaya saing, Jumat (24/3/2023). 

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Pemerintah Kota Pasuruan terus berupaya memberikan dukungan dan mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas dan berdaya saing.

Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, sektor UMKM menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia yang berperan penting dalam membangun perekonomian nasional, khususnya Kota Pasuruan.

Selain sebagai motor penggerak perekonomian yang memacu jalannya roda perekonomian, UMKM menjadi sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja, kurang lebih dari 90 persen tenaga kerja.

“UMKM skala kecil dengan jumlah tenaga kerja yang banyak harus tetap bertahan. Kalau UMKM ambruk, maka perekonomian Indonesia sangat terpengaruh, termasuk perekonomian daerah,” katanya, Jumat (24/3/2023).

Gus Ipul menyampaikan saat ini, persaingan dalam dunia usaha semakin ketat.

Bukan hanya produk dalam negeri, produk impor dari luar negeri juga turut membanjiri pasar domestik.

“Perlu disadari persaingan semakin ketat, kalau dulu hanya bersaing dengan UMKM di Kota Pasuruan, atau mungkin Jawa Timur saja, akan tetapi hari ini, produk dari luar negeri juga membanjiri pasar lokal Indonesia,” ungkapnya

Untuk itu, melalui pembinaan ini, Gus Ipul berharap peserta menimba ilmu untuk meningkatkan mutu dan kualitas yang dimiliki sehingga tercipta produk berdaya saing dan mampu mengembangkan usaha yang sedang dijalankannya.

“Melalui pembinaan yang efektif, teman-teman pelaku UMKM akan tetap bertahan. Mari saling berinterikasi. Biar saling menimba ilmu, saling tiru, jadikan sumber insprasi untuk meningkatkan kualitas produknya,” tambahnya

Mengusung tema Pintar Digital Penghasilan Berdatangan, dalam kegiatan ini, para pelaku UMKM diberikan berbagai materi termasuk motivasi untuk mengembangkan usaha mereka.

Sebanyak 65 pelaku usaha dari berbagai Kota dan Kabupaten di antaranya Malang, Sidoarjo, Surabaya, termasuk para pelaku UMKM di Pasuruan turut serta dalam kegiatan pelatihan ini.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved