Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Raih Peringkat A Indeks Reformasi Birokrasi, Ini Kata Cak Eri Cahyadi

Dengan raihan tersebut, Kota Pahlawan sukses meningkatkan kategori indeks Reformasi Birokrasi dari BB menjadi A.

Foto Istimewa Humas Pemkot Surabaya
Pemkot Surabaya mendapatkan Predikat A Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) peringkat A (Sangat Baik) pada Penganugerahaan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi, Selasa (6/12/2022). Penghargaan pun diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Jakarta. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemkot Surabaya mendapatkan Predikat A Reformasi Birokrasi pada Penganugerahaan Bersama Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi, Selasa (6/12/2022).

Kota Surabaya menjadi kali pertama dan satu-satunya sebagai pemerintah Kota di Indonesia mendapatkan predikat tersebut.

Dengan raihan tersebut, Kota Pahlawan sukses meningkatkan kategori indeks Reformasi Birokrasi dari BB menjadi A.

Penghargaan pun diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Jakarta.

Indeks Reformasi Birokrasi merupakan skor pengukuran capaian reformasi birokrasi. Hal ini mencakup 132 komponen.

Di antaranya, manajemen perubahan di lingkungan organisasi, penguatan akuntabilitas dan pengawasan, peningkatan kualitas pelayanan publik, hingga nilai persepsi korupsi yang melibatkan survei eksternal.

Dalam penjelasan Menteri Anas, Kementerian PANRB mengajak para kepala daerah untuk menjalankan arahan Presiden Joko Widodo. Yakni, tidak boleh ‘mbulet’ dan harus berdampak.

Baca juga: Diumumkan 7 Desember, UMK Kota Surabaya Tahun 2023 Diprediksi Naik Rp 316.000

Serta, bukan lagi hanya sekadar tumpukan kertas. Melainkan, harus bergerak lebih lincah dan lebih cepat.

“Para kepala daerah dan perwakilan kementerian/lembaga yang hadir hari ini kerjanya sudah berdampak, mudah-mudahan ke depan bisa terus ditingkatkan,” ujar Anas.

Kementerian PANRB juga menjalankan RB tematik yang telah dicanangkan oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Hal ini mencakup 4 hal.

Yakni, pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi administrasi pemerintahan, serta program prioritas Presiden (peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui e-katalog dan pengendalian inflasi).

Menerima penghargaan tersebut, Wali Kota memastikan komitmen Pemkot untuk terus menjalankan proses Reformasi Birokrasi.

"Ini tanggung jawab bagi kami memastikan reformasi birokrasi yang berdampak bagi warga tidak boleh terputus," kata Wali Kota Eri.

Baca juga: Jalur Trenggalek-Tulungagung via Bendungan Tertutup Longsor, Pengendara Diimbau Lewat Rute Lain Ini

"Capaian ini harus membuat kita terpacu bekerja lebih keras lagi. Bukan malah berpuas diri, namun harus bisa memberikan manfaat yang lebih besar,” ujarnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved