Berita Lamongan

Jelang Tahun Baru, Polres Lamongan Galakkan Vaksin Covid-19, Buka Gerai di Tempat Keramaian

Menjelang tahun baru, Polres Lamongan terus menggeber vaksinasi menuju percepatan herd immunity untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Hanif Manshuri
Bhabinkamtibmas, Bripka Sumantri antar jemput warga Kembangbahu. Lamongan, untuk vaksin Covid-19, Jumat (2/12/2022). 

SURYA.CO.ID, LAMONGAN – Menjelang tahun baru, Polres Lamongan terus menggeber vaksinasi menuju percepatan herd immunity untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19.

Kapolres Lamongan, AKBP Yakhob Silvana Delareskha menjelaskan, bahwa percepatan vaksinasi dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19, apalagi menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

“Kami kerahkan polsek jajaran bekerja sama dengan puskesmas dan perangkat desa, karena untuk lebih mengoptimalkan vaksinasi dan langsung dipusatkan di balai desa masing-masing," ungkap Yakhob kepada SURYA.CO.ID, Jumat (2/12/2022).

Seluruh anggota Bhabinkamtibmas juga dilibatkan untuk menyisir dan melakukan pendekatan mengajak warga yang belum vaksin.

"Tanpa menunggu perintah, anggota harus punya inisiatif mengajak warga binaannya agar mengikuti vaksinasi baik dosis 1, 2 maupun booster," katanya.

Selain mengerahkan anggota polsek jajaran, Yakhob menambahkan, jika pihaknya juga akan membuka gerai vaksin di tempat keramaian.

Termasuk lokasi wisata yang ada di Lamongan, di antaranya WBL, Maharani Zoo, Waduk Gondang dan pasar. Termasuk di stasiun, terminal sampai pangkalan ojek.

"TPI juga akan jadi sasaran vaksin," tambahnya.

Pola jemput bola tetap menjadi prioritas untuk pelaksanaan vaksin yang digelar polres bersama dinas kesehatan. 

"Ini satu di antara wujud kepedulian Polri kepada masyarakat, " ujarnya.

Yakhob menunjukkan bukti, masih banyak masyarakat yang belum sempat vaksin. Seperti vaksinasi yang digelar di Desa/Kecamatan Kembangbahu pada Jumat (2/12/2022) pagi tadi, masih banyak masyarakat yang melakukan vaksin.

Dan animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin juga terlihat hampir di semua wilayah di Lamongan, saat digelar vaksin.

Target herd immunity harus bisa dicapai, sekaligus mengantisipasi varian baru yaitu XBB yang tingkat penyebarannya sampai 3 kali lipat lebih cepat dari varian sebelumnya.

Meski varian baru XBB tingkat kematiannya rendah, lanjut Yakhob, tetap namanya penyakit dan virus itu bisa mengancam siapa pun.

Yakhob mengajak masyarakat Lamongan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Tetap memaki masker, cuci tangan pakai sabun. Intinya harus hidup bersih," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved