Berita Gresik

Bantu Oksigen Saat Pandemi Covid-19, Dirut Petrokimia Gresik Terima Penghargaan Ini

Penghargaan tersebut atas peranannya sebagai Ketua Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur dalam mengatasi krisis oksigen medis

Penulis: Sugiyono | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Petrokimia Gresik
Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo foto bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa setelah menerima penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Perak dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Jumat (11/11/2022). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo menerima penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Perak dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Jumat (11/11/2022).

Penghargaan tersebut atas peranannya sebagai Ketua Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur dalam mengatasi krisis oksigen medis di tengah tingginya kasus Covid-19 Jawa Timur tahun 2021.

Lencana penghargaan disematkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Dwi Satriyo pada momen Upacara Hari Pahlawan, di Halaman Tugu Pahlawan, Surabaya.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah, sebab dalam berupaya mengemban amanah bersama Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur untuk membantu masyarakat menangani Covid-19 mendapatkan apresiasi.

"Penghargaan ini bonus. Paling utama, kami mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat, khususnya saat terjadi bencana, seperti pandemi Covid-19. Ini sebuah kolaborasi dan kerja keras dari seluruh tim di Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur," kata Dwi Satriyo.

Menurut Dwi Satriyo, penghargaan ini apresiasi Gubernur Jawa Timur atas kontribusi Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur.

"Kita memberikan bantuan oksigen cair sebanyak 31 ton untuk mendukung program Pelayanan Oksigen Gratis oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur di beberapa daerah sebagai upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19," imbuhnya.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Dwi Satriyo bersama anggota Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur lainnya, yakni direktur/pimpinan perusahaan dari PTPN XII, PTPN X, PT BNI, PT INKA, PT KAI, PT Kimia Farma, PT Pelindo III, Perum Jasa Tirta I, Rumah BUMN, PT Bank Mandiri, PT Semen Indonesia, PT Telkom Indonesia dan PT Garam kepada Gubernur Jawa Timur, di Unit Produksi Oksigen – Air Separation Plant (ASP) Petrokimia Gresik.

Menurut Dwi Satriyo, oksigen cair yang diberikan merupakan produk dari Unit Produksi Oksigen Petrokimia Gresik yang dioperasikan kembali setelah 11 tahun berhenti.

Di mana, reaktivasi ini merupakan tindak lanjut arahan Menteri BUMN Erick Thohir, agar BUMN berperan aktif dalam membantu pemerintah memenuhi kebutuhan oksigen medis yang kala pandemi Covid-19 menjadi prioritas.

“Reaktivasi Unit Produksi Oksigen ini menjadi wujud optimalisasi peran Petrokimia Gresik sebagai Koordinator Satgas BUMN Wilayah Jatim,” katanya.

Dwi Satriyo menambahkan, peran Satgas BUMN saat ini terus berkembang.
Satgas BUMN juga hadir di tengah-tengah bencana yang melanda di Jawa Timur.

Seperti erupsi Gunung Semeru akhir tahun 2021. Saat bencana banjir dan longsor di Malang, Blitar, Trenggalek, Gresik dan Banyuwangi.

"Lencana ini kami persembahkan untuk seluruh BUMN yang menjadi anggota Satgas Tanggap Bencana Nasional BUMN Wilayah Jawa Timur. Semoga, tim ini bisa terus meningkatkan kolaborasinya dengan senantisa hadir di tengah masyarakat Jawa Timur," katanya.

Sementara Gubernur Jatim Khofifah dalam amanatnya mengatakan, nilai-nilai kepahlawanan dan semua kebaikan harus dirawat. Namun perjuangan era sekarang merupakan perang dalam bentuk yang baru.

“Semangat kerelawanan masyarakat untuk memberi yang terbaik bagi Jawa Timur, ini sangat luar biasa. Maka dari itu, ada pemberian penghargaan dan lencana Jer Basuki Mawa Beya,” kata Khofifah, dalam rilis Humas Petrokimia Gresik.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved