Berita Gresik

Unggah Konten Hoaks 'Kejaksaan Sarang Mafia', YouTuber Alvin Liem Dilaporkan ke Polres Gresik

Menurutnya Aris, pernyataan Alvin Liem yang menyebut kejaksaan sarang mafia termasuk penyebaran berita bohong alias hoaks

Penulis: Sugiyono | Editor: Deddy Humana
surya/mochammad Sugiyono
Karangan Bunga berjajar di halaman Kantor Kejari Gresik untuk memberikan dukungan kepada Kejaksaan Tinggi, Sabtu (24/9/2022). 

SURYA.CO.ID, GRESIK - Halaman Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik di Jalan Permata, Kompleks Perumahan Bunder Asri, Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas, dipenuhi karangan bunga, Minggu (25/9/2022). Karangan bunga tersebut adalah bentuk dukungan kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) dalam melakukan proses hukum terhadap Alvin Liem yang diduga melecehkan lembaga tersebut.

Karangan bunga tersebut bertuliskan 'Kami LSM FPSR sangat mendukung Kejaksaan Tinggi RI untuk menyikapi secara tegas ucapan Alvin Liem di media sosial yang sudah merendahkan marwah institusi Kejaksaan Tinggi RI'.

Direktur LSM FPSR, Aris Gunawan, mengatakan, kiriman bunga ini adalah bentuk dukungan kepada Kejaksaan Tinggi RI agar tegas menindak ucapan Alvin Liem. "Di mana Alvin Liem pada media YouTube yang berjudul ‘Kejaksaan Sarang Mafia’ jelas- jelas sudah merendahkan institusi Kejaksaan RI,” kata Aris.

Menurutnya Aris, pernyataan Alvin Liem yang menyebut kejaksaan sarang mafia termasuk penyebaran berita bohong alias hoaks.

”Saya anggap ucapannya pada konten tersebut sudah mengandung ujaran kebencian dan hoaks. Karena itu, kami atas nama LSM FPSR mendukung Kejaksaan Tinggi agar Alvin Liem segera dihukum, karena telah mencoreng marwah Kejaksaan RI dan Negara Republik Indonesia," tegas Aris.

Sementara, Persatuan Jaksa (Persaja) Gresik melaporkan ke Polres Gresik Alvin Liem, pemilik konten kanal YouTube yang meresahkan masyarakat.

Laporan ke Polres Gresik dengan nomor LP/B/627/IX/2022/SPKT/Polres Gresik per 24 September 2022 itu, dengan pelapor adalah Rifqy el Farabi, PNS di Kejari Gresik dan diterima Petugas SPKT Polres Gresik. Dan sebagai terlapor adalah Alvin Liem, pemilik konten YouTube dengan judul 'Kejagung Sarang Mafia'.

Pelapor dikenakan Pasal 45 A ayat (1) juncto Pasal 28 ayat (1] juncto Pasal 45, Pasal 3 juncto Pasal 27 ayat (3) Undang-undang ITE. "Kami Persaja Gresik merasa profesi kami dan negara kami dilecehkan oleh terlapor,” kata Rifqy. ****

Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved