Berita Blitar

Dindik Kota Blitar Imbau Sekolah Menghindari Aksi Perundungan di Kegiatan MPLS

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Kota Blitar dilaksanakan selama tiga hari mulai Senin (18/7/2022) hingga Rabu (20/7/2022).

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Samsul Hadi
Siswa baru di SMPN 1 Kota Blitar sudah mengikuti kegiatan pra MPLS, Jumat (15/7/2022). 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Dinas Pendidikan Kota Blitar meminta sekolah menghindari aksi perundungan atau bullying saat pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa baru.

Rencananya, kegiatan MPLS untuk siswa baru di Kota Blitar dilaksanakan selama tiga hari mulai Senin (18/7/2022) hingga Rabu (20/7/2022).

"Kami mengimbau hindari aksi perundungan, hindari hal-hal intoleran dan ciptakan keberagaman serta kebiasaan baik sesuai profil pelajar Pancasila di kegiatan MPLS," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Samsul Hadi, Jumat (15/7/2022).

Samsul mengatakan, kegiatan MPLS menjadi langkah awal agar anak didik baru mengetahui kondisi dan cara belajar di sekolah baru.

"Kegiatan MPLS ini lebih menekankan untuk mengangkat profil pelajar Pancasila dan pendidikan karakter," ujarnya.

Wakil Kepala SMPN 1 Kota Blitar Bidang Kesiswaan, Akhyadi mengatakan, kegiatan MPLS secara resmi dilaksanakan pada 18-20 Juli 2022.

Tapi, sejak Kamis (14/7/2022), SMPN 1 Kota Blitar sudah melaksanakan pra MPLS. Pra MPLS ini sebagai persiapan anak-anak untuk mengikuti kebiasaan di sekolah.

"Anak-anak dikenalkan lingkungan sekolah dan dilatih pelaksanaan MPLS," katanya.

Dikatakannya, selain pengenalan lingkungan, dalam kegiatan MPLS juga diberikan materi soal cara belajar efektif, pencegahan penyalahgunaan narkoba, perlindungan perempuan dan anak dan pendidikan lingkungan hidup.

"Kami juga menghadirkan pemateri dari Polres Blitar Kota untuk memberikan sosialisasi soal hukum dan tertib lalu lintas," ujar Akhyadi.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved