Tips Sehat

Tips Sehat, 5 Cara Sehat Ibadah Haji dari Pakar Griffith University, Sering Wudu dan Basahi Masker

Pakar Epidemologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman membagikan tip bagi para jemaah haji agar tetap sehat.

Editor: Suyanto
Shutterstock
ILUSTRASI -haji 

SURYA.co.id I Musim Ibadah Haji 2022 telah tiba. Ribuan jemaah haji Indonesi telah berangkat secara bergelombang sejak awal Juni lalu.

Suhu panas di Arab Saudi plus kondisi daerah gurun dengan udara berdebu, menjadi tantangan tersendiri bagi jemaah haji.

Nah untuk menghadapi kondisi ini, pakar Epidemologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman mengingatkan para jemaah agar mengonsumi cairan yang cukup. Ini untuk menghindari kemungkinan dehidrasi.

Kedua, Dicky mengingatkan para jemaah jangan lupa membasahi masker agar tetap lembab. "Masker sering dibasahi untuk tetap lembab. Dan karena di sana kering udaranya. Jadi bagian luarnya dibasahi", katanya.

"Ketiga; sering berwhudu supaya saluran nafas tidak kering dan selalu bersih," ungka Dicky pada Tribunnews, Minggu (12/6/2022).

Baca juga: Tips Sehat Berhaji, Lakukan Ikhtiar Ini Agar Sehat Selama Ibadah Haji

Baca juga: Tips Sehat dan Bugar: Mengenal Mochi Scar, Cara Menghilangkan Bopeng-bopeng di Wajah

Keempat; biasakan sering mencucinya tangan, saat makan dan minum pastikan memakai barang-barang sendiri. Termasuk ketika di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Di sekitar sumber air zam-zam juga disediakan gelas. Sebaiknya, kata Dicky membawa gelas sendiri. Supaya dapat memastikan kebersihan sendiri. Dan ini lebih aman untuk mencegah penularan penyakit.

Baca juga: Tips Sehat: Kulit Mulus Pakai Minyak Zaitun, Bisa Cegah Kanker, Khusus buat Wajah Ini Caranya

Baca juga: Tips Sehat Berhaji Dinkes Jatim, Sesuaikan Aktivitas Ibadah dengan Kondisi Fisik

"Selain itu ketika salat, ibadah kalau ada yang batuk apa lagi gak pakai masker, jauhi. Kalau perlu usahakan menggunakan masker berkualitas baik yaitu N95, atau kalau tidak dua lapis," kata Dicky lagi.

Ini penting, apa lagi ketika berada di keramaian. Dan selain masalah vaksinasi, masker, cuci tangan, menghindari keramaian dan pastikan istirahat yang cukup.

Kelima: "Makan dan minum bergizi. Makan dengan menu seimbang. Menu di sana insyallah sudah sesuai. Kurangi yang manis, sekali lagi selalu dalam grup untuk memastikan selalu terinfomrasi ketika ada perkembangan baru," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pakar Epidemiologi Sarankan Jemaah Haji Sering Basahi Bagian Luar Masker Supaya Tetap Lembab

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved