Berita Jember

Romantisme Nggowes Menembus Keindahan 'Little Africa' Baluran, Ada Raisa sampai Monyet Ekor Panjang

penyanyi Raisa memakai pohon dan Savana Bekol sebagai lokasi pembuatan klip 'Jatuh Hati'. Juga ada Sinetron Dewi Rindu yang memakai Savana Bekol

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Deddy Humana
Romantisme Nggowes Menembus Keindahan 'Little Africa' Baluran, Ada Raisa sampai Monyet Ekor Panjang - Gowes-wisata-ke-Taman-Nasional-Baluran-1.jpg
surya/sri wahyunik
Para penggowes masuk melalui pos pertama lokasi pembelian tiket masuk Taman Nasional Baluran di Raya Situbondo-Banyuwangi KM 35, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.
Romantisme Nggowes Menembus Keindahan 'Little Africa' Baluran, Ada Raisa sampai Monyet Ekor Panjang - Gowes-wisata-ke-Taman-Nasional-Baluran2.jpg
surya/sri wahyunik
Para penggowes menempuh rute menuju Savana Bekol dan Pantai Bama di Taman Nasional Baluran di Raya Situbondo-Banyuwangi KM 35, Kecamatan Banyuputih, Situbondo.
Romantisme Nggowes Menembus Keindahan 'Little Africa' Baluran, Ada Raisa sampai Monyet Ekor Panjang - Gowes-wisata-ke-Taman-Nasional-Baluran-3.jpg
surya/sri wahyunik
Menikmati savana Bekol di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo.
Romantisme Nggowes Menembus Keindahan 'Little Africa' Baluran, Ada Raisa sampai Monyet Ekor Panjang - Gowes-wisata-ke-Taman-Nasional-Baluran-4.jpg
surya/sri wahyunik
Titik terakhir nggowes di Pantai Bama menjadi akhir petualangan wisata di Taman Nasional Baluran Situbondo.

SURYA.CO.ID, JEMBER - Bersepeda membelah rindangnya pepohonan di Taman Nasional Balura (TNB) bisa menjadi pilihan olahraga santai bagi wisatawan. Tentunya jika ingin bersepeda, wisatawan harus membawa sepedanya sendiri dan harus diingat, jangan sampai mengganggu flora dan fauna di TNB.

Berada di Jalan Raya Situbondo-Banyuwangi KM 35, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, TNB sangatlah mudah dijangkau oleh wisatawan. Sebab seperti sudah banyak diketahui, pintu masuk TNB berada di tepi jalan nasional di kawasan pantai Utara, penghubung Jawa - Bali di dekat perbatasan Situbondo dan Banyuwangi.

Baluran, Little Africa in Java atau Afrikanya Jawa, kerap menjadi tagline kawasan ini. Hal ini tentu karena area padang rumput savana yang sangat tersohor. Karenanya, jika Anda yang ingin berbeda dalam menikmati Baluran, bersepeda bisa menjadi alternatif menikmati salah satu taman nasional tertua di Indonesia tersebut.

Memang tidak mungkin mengeksplorasi 25.000 hektare luas TNB, namun jarak 30 KM dari pintu masuk TNB sampai ke Pantai Bama (PP), sudah cukup memacu adrenalin pesepeda untuk kategori santai.

Jalur gowes wisatawan cuma pesepeda sebaiknya dimulai dari pos tiket setelah Pintu Gerbang Batangan. Saat hari kerja, tiket masuk dan asuransi adalah Rp 16.000 per orang, sedangkan saat akhir pekan Rp 18.500. Biaya parkir mobil Rp 10.000

Untuk pemanasan, pesepeda bisa berputar di area tiket dan parkir kendaraan tersebut. Gardu pandang 6 lantai di belakang area loket juga layak dicoba. Gardu pandang itu menyuguhkan pemandangan Hutan Baluran nan luas. Gunung Baluran di satu sisi terlihat jelas, di sisi sebaliknya ada Selat Bali dan perairan Laut Utara terlihat.

Jangan lupakan juga sebuah Goa Jepang yang terletak di antara pintu masuk dan area tiket. Kawasan ini bisa menjadi titik pertama piknik wisatawan dalam menikmati TNB.

Setelah persiapan bersepeda selesai di area pembelian tiket, pesepeda bisa meneruskan perjalanan menikmati TNB. Di area pembelian tiket itu, ada papan petunjuk jarak ke Savana Bekol dan Pantai Bama. Dua tempat yang kerap menjadi jujugan wisatawan Baluran.

Dari area tiket ke Savana Bekol berjarak 12 KM, dan untuk sampai ke Pantai Bama 15 KM. Jalur sepanjang ini sudah sangat ramah untuk kendaraan bermotor, karena kondisi jalannya aspal, bersambung paving mendekati Pantai Bama. Karenanya, jika wisatawan mengendarai kendaraan bermotor, kurang begitu menantang.

Sensasi menjadi berbeda jika memakai sepeda onthel. Jalur 15 KM cukup memacu adrenalin sekaligus memeras peluh karena terdiri atas tanjakan, turunan, juga diselingi jalur datar.

Halaman
1234
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved