Partai Demokrat

SOSOK Gede Ariyuda yang Bikin Nasdem Siapkan Karpet Biru Bayu Airlangga Usai Keluar dari Demokrat

Inilah sosok Gede Ariyuda, politisi Nasdem sekaligus ayahanda Bayu Airlangga dan besan mantan Gubernur Jatim, Soekarwo alias Pakde Karwo.

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Iksan Fauzi
KOLASE Tribun Jatim/Yusron Naufal P
Sosok Gede Ariyuda yang bikin Partai Nasdem berani menyiapkan karpet biru untuk Bayu Airlangga. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Inilah sosok Gede Ariyuda, politisi Nasional Demokrat ( Nasdem) sekaligus ayahanda Bayu Airlangga dan besan mantan Gubernur Jatim, Soekarwo alias Pakde Karwo.

Nama Gede Ariyuda kembali mencuat setelah Bayu Airlangga keluar dari Partai Demokrat setelah gagal menjadi Ketua DPD Demokrat Jatim, meski mendapat dukungan suara terbanyak dari DPC.

Mendengar keputusan Bayu yang juga anggota DPRD Jatim itu, para politisi Nasdem pun langsung bakal menyediakan karpet biru jika menantu Pakde Karwo itu mau bergabung.

Bayu merupakan suami dari putri Pakde Karwo bernama Kartika Ayu Prawitasari. Bayu Airlangga putra dari pasangan Gede Ariyuda dan Tutik Herliani.

Sedangkan sang ayah adalah mantan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jatim dan Deputi Bidang Hak Tanah, Pendaftaran Tanah dan Pemberdayaan Masyarakat (Deputi II), Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (BPN RI).

Gede Ariyuda lahir pada 17 Januari tahun 1955. Kini usianya sudah 67 tahun.

Baca juga: RESPONS EMIL DARDAK Dengar Bayu Airlangga Keluar dari Partai Demokrat Karena Merasa Didzalimi

Disinyalir dilirik banyak parpol

Merasa didzalimi di Musda Demokrat Jatim, menantu Pakde Karwo, Bayu Airlangga keluar dari partai berlambang mercy usai Ketum AHY pilih Emil Dardak jabat Ketua Demokrat Jatim.
Merasa didzalimi di Musda Demokrat Jatim, menantu Pakde Karwo, Bayu Airlangga keluar dari partai berlambang mercy usai Ketum AHY pilih Emil Dardak jabat Ketua Demokrat Jatim. (Kolase SURYA.co.id/Yusron Nauval/Kompas.com)

Karier politik Bayu Airlangga masih cukup potensial. Ia juga berpotensi jadi rebutan partai politik lain.

Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam mengatakan, faktor keluarga juga mempengaruhi daya tarik Bayu.

Diketahui, Bayu merupakan menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo atau Pakde Karwo.

Baca juga: Putra La Nyalla dan Khofifah Indar Parawansa Hingga 10 Kepala Daerah Gabung Demokrat Jatim

"Saya pikir faktor Pakde Karwo itu yang membuat Mas Bayu menjadi something dan tetap potensial. Sebagai anggota keluarga inti, faktor itu yang membuat Mas Bayu tetap saja potensial diperebutkan banyak partai jika keluar dari Demokrat," kata Surokim, Sabtu (23/4/2022).

Faktor demikian, dalam pandangan Surokim membuat Bayu memiliki daya tarik untuk jadi rebutan parpol. Utamanya, parpol di kalangan tengah dalam konteks Jawa Timur.

Sekalipun demikian, keputusan Bayu yang keluar dari Demokrat kemudian pindah ke parpol lain juga bukan perkara mudah.

Apalagi melepaskan diri dari sesuatu yang selama ini melekat. Hal ini menjadi tantangan tersendiri.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved