Tips Sehat

Tips Sehat, Kulit Putih Berkat Minum Kolagen, Kata Dosen Unair, Ini Cara Dapatkan Kolagen yang Aman

Saat ini produk berupa minuman kolagen menjadi tren. Dipercaya dapat menjaga kulit. Tidak sedikit influencer mempromosikan merek - merk minuman kolage

Editor: Suyanto
Instagram
Ilustrasi. wanita sedang menjalani perawatan kecantikan. 

SURYA.co.idI - Kulit putih, cerah, kencang menjadi idaman banyak orang. Utamanya kaum hawa. Berbagai usaha pun ditempuh, seperti penggunaan produk perawatan kulit dan perawatan di salon kecantikan.

Saat ini produk berupa minuman kolagen menjadi tren. Dipercaya dapat menjaga kulit. Tidak sedikit influencer mempromosikan merek - merk minuman kolagen dengan mengklaim produk tersebut terbukti bisa menjaga kulit dari dalam.

Baca juga: Tips Sehat, 5 Tips Payudara Tetap Kencang, Tak Perlu Obat, Tak Perlu Mahal, Atur Saja Cara Tidur

Baca juga: Tips Sehat, Omicron Menggila, Begini Cara Mendeteksi, Cara Obati Omicron, Info Panduan Isoman

Dokter kecantikan Estine Aesthetic Clinic, dr Christopher MKes AAAM AIFO-K saat melakukan perawatan di sekitar area mata pasien di kliniknya yang berada di kawasan Mulyosari, Jumat (18/12/2020).

ILUSTRASI - Perawatan di klinik kecantikan, Jumat (18/12/2020). (SURYA.CO.ID/Sugiharto)

Bagaimana fakta sebenarnya?

Dosen Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Medhi Denisa Alinda mengatakan, dalam minuman kolagen tidak hanya memiliki kandungan kolagen saja, namun terdapat berbagai zat lain.

"Benar minuman kolagen bisa menjaga kulit dari dalam tapi tergantung dengan berapa dosis kolagen dalam minuman tersebut," ujar Medhi Denisa Alinda seperti dikutip dari laman Unair, Sabtu (25/9/2021).

Menurut Medhi, biasanya dalam minuman kolagen mengandung kombinasi zat seperti gluthation, vitamin A, dan vitamin C yang bisa membantu untuk mencerahkan kulit.

Meski memiliki kandungan yang baik terhadap kulit, minuman berkolagen juga memiliki efek jangka panjang terhadap tubuh. "Konsumsi jangka panjang bisa menyebabkan batu ginjal. Sebaiknya diimbangi dengan minum air putih yang banyak," terangnya.

Ilustrasi
ILUSTRASI - Jeruk  salah satu sumber kolagen alami, lebih aman dikonsumsi (ndtv)

Lebih aman kolagen dari bahan alami

Asupan kolagen juga bisa diperoleh dari berbagai bahan alami yang mudah ditemukan.
Medhi mengungkapkan, ada beberapa makanan yang banyak mengandung kolagen, seperti:
1. Ayam
2. Ikan
3. Putih telur
4. Buah-buahan seperti jeruk dan jenis buah beri
5. Sayur-sayuran dan tomat

Medhi menambahkan, dibanding mengonsumsi minuman berkolagen, penggunaan bahan-bahan alami lebih disarankan. "Lebih baik konsumsi bahan alami karena tidak terdapat bahan pengawet. Sedangkan minuman kolagen biasanya ditambah pengawet," ungkap Medhi.

aran konsumsi minuman kolagen Dosis aman dan efektif dari kandungan collagen adalah tidak lebih dari 2,5 hingga 15 gram per hari. Medhi menyarankan, sebaiknya tidak lebih dari 2,5 hingga 15 gram per hari agar peptida kolagen bisa terhidrolisis aman dan efektif.

Medhi menekankan, jika masyarakat ingin memiliki kulit sehat dan kencang adalah dengan menerapkan cara hidup sehat. "Tidur yang cukup, makan yang banyak mengandung sayur dan buah, menggunakan krim perawatan kulit sesuai anjuran dokter seperti sunblock. Selain itu juga selalu menggunakan pelembab, dan mencuci wajah setiap hari," pungkas Medhi. Dapatkan update beri

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dosen Unair: Ini Dosis Konsumsi Minuman Kolagen agar Aman bagi Tubuh"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved