TIP SEHAT

Tips Sehat: Begini Cara Mudah Merawat Ginjal, Tidak Perlu Biaya dan Gampang

Kedua ginjal berfungsi untuk menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Produk limbah ini kemudian kemudian dikeluarkan.

Editor: Suyanto
Lifepack
Ilustrasi- gangguan pada fungsi ginjal. 

SURYA.coid - Ginjal memiliki fungsi yang sangat fital dalam tubuh, Mulai menyaring limbah dalam tubuh, kelebihan air, hingga berbagai kotoran dari dalam darah dan membuangnya. Salah satunya dengan membuangnya lewat urine.

Kerusakan ginjal, akan berakibat fatal, dan sayangnya lagi, banyak orang baru mengetahui ginjalnya bermasalah setelah mencapai tingkat kerusakan yang akut.

Untuk menghindari akibat yang fatal, yuk mengenali ginjal dan cara merawatnya dengan baik. Artikel Halo.com yang tertanggal 11 Februari 2022 ini bisa menjadi salah satu tujukal. Artikel telah ditinjau, dr. Verury Verona Handayani , dengan judul: "Cari Tahu Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Apa fungsi ginjal?

Organ seukuran kepalan tangan ini terletak di bagian bawah tulang rusuk, tepatnya di kedua sisi tulang belakang. Organ ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk tubuh.

Kedua ginjal berfungsi untuk menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Produk limbah ini kemudian disimpan di kandung kemih dan kemudian dikeluarkan melalui urine.

Selain itu, ginjal juga mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah. Ginjal juga bertanggung jawab untuk mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

Dengan menjaga kesehatan ginjal, tubuh akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.

Bagaimana merawat Ginjal
Berikut beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan ginjal yang wajib kamu ikuti:

Cukupi Kebutuhan Air
Minum banyak cairan akan membantu ginjal berfungsi dengan baik. Jika urine berwarna seperti jerami, atau bahkan lebih gelap, itu mungkin tanda dehidrasi. Saat cuaca panas, saat bepergian di negara panas atau saat berolahraga berat, kamu juga perlu minum lebih banyak air dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang karena berkeringat.

Minum air
Minum air (TIMES Indonesia)
Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved