Biodata Natalius Pigai yang Dituding Rasis ke Jokowi dan Mau Dilaporkan Polisi, Pernah Jadi Korban

Berikut ini profil dan biodata Natalius Pigai, mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yang  akan dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan rasis

Editor: Musahadah
twitter
Cuitan Natalius Pigai yang berbuntut ancaman pelaporan ke polisi karena dituding rasis. 

SURYA.CO.ID - Berikut ini profil dan biodata Natalius Pigai, mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yang  akan dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas dugaan rasialisme.

Cuitan Natalius Pigai di Twitter yang menyerukan untuk tidak percaya orang jateng dianggap rasis.

Seperti diketahui, dalam cuitannya di akun Twitter @nataliuspigai2, dia menulis kalimat sebagai berikut: 

"Jgn percaya org Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mrk merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak2 harga diri bangsa Papua dgn kata2 rendahan Rasis, monyet & sampah. Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Sy Penentang Ketidakadilan)."

Menurut Ketua Umum BaraNusa, Adi Kurniawan, cuitan pigai itu tak mencerminkan seorang aktivis HAM.

Baca juga: Natalius Pigai Sebut hanya Prabowo dan Airlangga Hartarto yang Pantas Nyapres di 2024

"Tindakannya itu tidak menunjukkan intelektualitasnya sebagai mantan Komisioner Komnas HAM. Harusnya kalau mengkritisi boleh saja, tapi jangan fitnah, jangan rasis," kata Ketua Umum BaraNusa, Adi Kurniawan kepada wartawan, Minggu (3/10/2021).

Selain itu, BaraNusa akan melaporkan lima poin kepada kepolisian terkait dugaan pelanggaran atas cuitan Natalius Pigai.

Adi mengatakan bahwa kelima poin itu di antaranya pelanggaran UU ITE hingga unsur-unsur provokasi. Pigai dianggap menyebarkan hate speech terlebih kepada kepala negara.

"Jadi terkait pasalnya itu nanti pihak advokat kita ya teknisnya. Kita melaporkan itu soal UU ITE, lalu pasal ujaran kebencian, pasal perbuatan tidak menyenangkan, pasal penghinaan kepada kepala negara, dan soal unsur-unsur provokasi. Itu kelima poinnya," ujarnya.

Untuk memperkuat laporan itu, Adi mengklaim bahwa pihaknya telah menyiapkan bukti-bukti untuk dibawa saat pelaporan besok di Polda Metro Jaya.

Terpisah, di cuitan lainnya Pigai telah membantah soal cuitannya yang diduga ada unsur rasialisme, beberapa pihak menyayangkan cuitan itu. Ia membantah telah melakukan tindakan rasialis atau ujaran kebencian.

"Itu tidak ada rasis itu. Itu hanya dua oknum yang namanya Jokowi dengan Ganjar, itu tidak ada rasis. Ke siapa rasisnya? Mereka berasa dari Jawa Tengah itu aksioma. Matahari terbit dari timur itu aksioma. Jokowi dengan Ganjar dari Jawa Tengah itu aksioma. Nggak ada rasis di situ," katanya.

Terkait pelaporan dirinya, Pigai mempersilakan saja. 

 "Laporkan saja. Siapa yg rasis, itu PERASAAN pendukung Jokowi dan Ganjar. Perbuatan hukum itu dilihat dari teks tertulis. Hari itu juga akan saya laporkan dan geger Republik ini. Kalian sdh giring ke area yg salah dan berbahaya!," cuit Pigai. 

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved