Update Rencana Kominfo Soal Set Top Box (STB) Gratis Warga Miskin, Akan Ada Program Tukar Tambah?

Berikut update rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terkait Set Top Box (STB) gratis untuk warga miskin.

Kompastv/Ant
Ilustrasi Set Top Box (STB). Simak Update Rencana Kominfo Soal Set Top Box (STB) Gratis Warga Miskin. 

Penulis: Putra Dewangga Candra Seta | Editor: Adrianus Adhi

SURYA.co.id - Berikut update rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terkait Set Top Box (STB) gratis untuk warga miskin.

Kominfo saat ini tengah mengupayakan supaya distribusi STB bisa tepat sasaran.

Kominfo juga mewacanakan adanya Program Tukar Tambah dari tv analog ke televisi digital.

Diketahui, penghentian siaran TV analog ke digital yang semula dijadwal dilakukan mulai 17 Agustus 2021 diputuskan ditunda.

Penundaan ini dimanfaatkan oleh Kominfo untuk memasifkan informasi seputar analog switch off (ASO) atau migrasi ke TV digital.

Baca juga: Ada 10 Set Top Box (STB) Gratis dan Pulsa dari Kominfo Besok 19 Agustus, Ini Cara Mendapatkannya

"Sosialisasi harus benar-benar masif di siaran televisi analog," kata Direktur Penyiaran Kominfo, Geryantika Kurnia, Kamis (19/8/2021), melansir dari ANTARA.

Cara ini dinilai yang paling efektif karena masyarakat yang sedang menonton siaran televisi akan bisa mengetahui jadwal migrasi siaran televisi terestrial dari analog ke digital dan mengetahui manfaat siaran digital.

Sosialisasi tersebut bisa berupa teks berjalan (running text) saat program acara berlangsung atau menayangkan logo.

Kominfo mendapatkan masukkan sosialisasi siaran televisi digital juga bisa melalui iklan layanan masyarakat berdurasi sekitar 30 detik, yang secara serentak ditayangkan di setiap stasiun televisi pada jam tertentu.

Berkaitan dengan pengalaman menonton, format siaran televisi digital disarankan menggunakan rasio 16:9.

Geryantika juga menyarankan secara bertahap stasiun televisi mengurangi daya dan layar siaran analog, menjadi 75 persen, kemudian 50 persen dan 25 persen.

Daya siaran digital juga secara bertahap ditingkatkan, atau jika mungkin menggunakan daya penuh agar masyarakat mudah mencari sinyal digital.

Tayangan konten andalan, atau killer content, selama ini terbukti ampuh untuk menarik masyarakat pindah menonton siaran digital.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved