Breaking News:

Kuliner

Kangen Makan Nasi Pupuk dan Es Podeng, Warung di Magetan Ini Sajikan Menu Masakan Pengantin Jawa

Warung menu resepsi pengantin Jawa ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga pukul 20.00.

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Rahadian Bagus
Surya.co.id/Doni Prasetyo
Menu masakan resepsi pengantin Jawa, milik Suswandari, Kelurahan Kawedanan, Kabupaten Magetan. 

SURYA.CO.ID, MAGETAN - Hampir dua tahun terjadi pandemi Covid-19 di Indonesia, akibatnya kegiatan pesta hajatan atau resepsi pernikahan secara prasmanan tidak diizinkan. Dengan ditiadakannya pesta hajatan pernikahan, banyak warga yang kangen dengan menu masakan resepsi pengantin Jawa, semisal nasi pupuk komplit sambel kentang, acar, daging lapis, sup, es podeng.

Peluang ini rupanya di manfaatkan Suswandari, warga Kelurahan Kawedanan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Suswandari, nekat membuka warung dengan menu andalan masakan ala Resepsi Pengantin Jawa komplit.

Warung dengan menu andalan masakan resepsi pengantin ini sudah buka sekitar enam bulan yang lalu. Meski terbilang baru, namun ia bisa meraup omset Rp 60 juta dalam sebulan. Bahkan ketika pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), warung menu resepsi pengantin ini tetap ramai.

Ditemui di warungnya, Suswandari menuturkan, sebagian besar pelanggan warungnya adalah rombongan keluarga. "Kalau rombongan keluarga biasanya menu komplit layaknya menu yang disuguhkan di repsi pengantin, termasuk es podeng dan kudapannnya,"kata Suswandari, Rabu (11/8/2021).

Ia mengaku sengaja memilih menu resepsi pengantin komplit sebagai menu andalan di warungnya. Sebab, menurutnya apabila ia hanya menyajikan menu umum atau menu yang biasa dijual di warung makan, maka ia memiliki banyak pesaing.

Suswandari mengatakan, para pelanggannya tidak hanya berasal dari wilayah Magetan saja, namun juga datang dari daerah sekitar Magetan. "Banyak pembeli yang datang dari luar Magetan, Madiun, Ponorogo, semua kangen menu resepsi pengantin Jawa. Semua terlihat puas. Mudah mudah cita rasanya persis menu resepsi pengantin Jawa," ujar Suswandari.

Warung menu resepsi pengantin Jawa ini buka, pukul 08.00 hingga pukul 20.00. Tak sekedar menunya yang lezat, cara penyajiannya pun persis seperti penyajian di resepsi pengantin Jawa atau biasa dikenal dengan istilah piring terbang.

Sebelum menyantap hidangan utama, pelanggannya akan disuguhi dengan menu pembuka, di antaranya snack lemper, emping. Setelah itu, baru kemudian nasi pupuk, komplit dengan sambel kentang rempelo ati, acar, serta kerupuk udang, dihidangkan. Terakhir, hidangan penutup yakni es podeng, agar-agar, dan es krim disajikan.

Setiap hari sejak warung menu resepsi pengantin dibuka, semua meja penuh dengan pembeli yang mambawa keluarga. Bahkan tidak sedikit keluarga yang terpaksa antri di luar warung makan, menunggu giliran.

"Untuk harga kami patok semurah mungkin, ini karena menu tradisional. Jadi bahan-bahan juga tidak sulit dan mahal kalau kita buat menu rawon, atau menu umum lainnya,"ujar Ny Suswandari.(tyo)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved