Breaking News:

Virus Corona di Jatim

Website Informasi Covid-19 Jatim Diretas Ada Tulisan I Don't Like Online School, Kini Bisa Diakses

Website informasi Covid-19 Jatim smpat diretas oleh hacker. Setelah dua jam kemudian, website tersebut sudah bisa kembali diakses, Kamis (5/8/2021).

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Iksan Fauzi
tangkapan layar
Tangkapan layar situs beralamat http//:infocovid19.jatimprov.go.id/ yang jadi sasaran hacker. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Website informasi Covid-19 Jatim smpat diretas oleh hacker. Setelah dua jam kemudian, website tersebut sudah bisa kembali diakses, Kamis (5/8/2021) sore.

Website resmi yang dikelola Pemprov Jatim dengan alamat https://infocovid19.jatimprov.go.id/ tidak bisa diakses dan muncul gambar kucing berlari dengan tulisan '#Hacked by 404_ SABUNMANDI CYBER TEAM I don't like online school'.

Padahal website tersebut berisi data-data penting terkait perkembangan covid-19 Jawa Timur terkini. Mulai data update harian covid-19, informasi rumah sakit rujukan covid-19, hingga informasi layanan pengisian oksigen gratis.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Makhyan Jibril Al Faraby mengakui adanya permasalahan di website Jatim Tanggap Covid-19 tersebut. Menurutnya error tersebut sempat terjadi antara satu hingga dua jam.

"Memang sempat error kurang lebih 1-2 jam. Kami segera gerak cepat dan tim dari Kominfo telah memperbaiki, saat ini web sudah bisa diakses kembali seperti sedia kala," kata Jibril saat dikonfirmasi Surya, petang.

Lebih lanjut Jibril menegaskan bahwa tim Pemprov Jatim juga masih berupaya melacak siapa dibalik peretas website informasi terkait covid-19 Jawa Timur. Sebab websiter ini penting bagi masyarakat Jawa Timur di masa pandemo covid-19 ini.

Namun hingga saat ini ditegaskan Jibril bahwa pelaku peretasan masih belum diketahui. Akan tetapi pihaknya masih berupaya melacak melalui pencarian IP address nya.

"Ini sedang ditelusuri IP address nya. Kemungkinan besar memang grup-grup hacker," kata Jibril.

Sudah bisa diakses

Halaman situs resmi Satgas Covid-19 Jatim sempat mengalami gangguan (eror), Kamis (5/8/2021) sore.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved