Breaking News:

TIPS SEHAT

Tips Sehat,  Manfaat Lain Minum Air, Cegah Batu Ginjal hingga Kotrol Diabetes

tahukah anda, ternyata air kelapa juga berkhasiat untuk mencegah batu ganjal, juga bisa menurunkan hipertensi, dan mengontrol diabetes.

Editor: Suyanto
newsnation.in
7 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan, Selain Bikin Awet Muda Bisa Cegah Batu Ginjal dan Diabetes 

SURYA.co.id I JAKARTA - Di Indonesia, minum air kelapa sudah biasa dilakukan. Selain sekedar ingin mendapatkan menikmati rasa segeranya, sebagiana orang lagi meyakini air kelapa memiliki sejumlah khasiat kesehatan.

Khasiat yang paling umum dikenal masyarakat, yaitu menjadi penawar keracunan makanan, seperti masakan kerang laut, dan lain-lain.

Tapi tahukah anda, ternyata air kelapa juga berkhasiat untuk mencegah batu ganjal, juga bisa menurunkan hipertensi, dan mengontrol diabetes. Berikut ini penjelasannya dikutip dari laman halodoc.com, pada artikel Fakta atau Mitos, Air Kelapa Bisa Mencegah Bantu Ginjal?

Kandungan air kelapa

Air kelapa juga kerap menjadi bagian dari diet rendah kalori atau rendah gula karena kandungan kalorinya hanya sebesar 45-60 per cangkir dan takaran gulanya sebesar 11-12 gram.

Cairan ini memberikan manfaat pada tubuh karena kaya kandungan elektrolit, seperti kalium, natrium, magnesium, dan fosfor. Namun, kadar kandungannya tergantung tingkat kematangan kelapa.

Baca juga: TIPS SEHAT, Ini Beda Gejala Covid Sebelum dan Sesudah Vaksin, Simak Prosedur Divaksin yang Benar

Air kelapa mencegah batu ginjal

Batu ginjal terbentuk akibat kalsium, oksalat, dan senyawa lainnya yang mengkristal di dalam urine. Gumpalan tersebut akhirnya memadat menyerupai batu.

Beberapa penelitian menyebutkan, air kelapa membantu untuk mencegah kristal tersebut menempel pada ginjal dan bagian saluran kemih lainnya. Hal ini juga mampu mengurangi jumlah kristal yang terbentuk di dalam urine.

Beberapa sumber juga menyebutkan, air kelapa membantu tubuh untuk melarutkan batu ginjal karena adanya kandungan potasium.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved