Virus Corona di Surabaya

PPKM Level 4 Surabaya Diperpanjang hingga 2 Agustus, Ini Aturan Baru Boleh Makan di Warung

Berikut ini aturan baru PPKM Surabaya yang lebih longgar dibandingkan PPKM Darurat sebelumnya.

SURYA.CO.ID/HABIBUR ROHMAN
Suasana Sentra Wisata Kuliner (SWK) di kawasan Kebun Bibit Taman Flora Bratang Surabaya, Jumat (23/7/2021). Berikut ini aturan baru makan di warung setelah PPKM Level 4 Surabaya diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  atau PPKM Level 4 di Jawa-Bali, termasuk Kota Surabaya, diperpanjang sepekan hingga 2 Agustus 2021.

Berikut ini aturan baru PPKM Surabaya yang lebih longgar dibandingkan PPKM Darurat sebelumnya.

Di antaranya masyarakat boleh makan di tempat di warung selama paling lama 20 menit.

Sebelumnya pembeli dilarang makan di tempat (dine in), hanya boleh membeli untuk dibawa pulang (take away).

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 2 Agustus 2021, Ini Kondisi Surabaya Terbaru & Relaksasi Pedagang

Pengumuman perpanjangan PPKM level 4 dengan sejumlah relaksasi disampaikan Presiden Jokowi dalam siaran YouTube, Minggu (25/7/2021).

"Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat. Dan pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen sampai dengan pukul 15.00 WIB, di mana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh pemerintah daerah," kata Jokowi.

Jokowi juga memaparkan aturan bagi pedagang kaki lima, pangkas rambut hingga usaha kecil lain dalam PPKM level 4 kali ini.

Usaha-usaha kecil ini diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat.

"Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 WIB dimana peraturan teknisnya diatur pemerintah daerah," kata Jokowi.

Baca juga: Update Virus Corona Surabaya 25 Juli 2021: Tambah 703 COVID-19, PPKM Level 4 Diperpanjang

Yang paling beda ialah aturan bagi warung makan.  

"Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 WIB dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit," ujar Jokowi.

Jokowi menegaskan hal-hal teknis lainnya terkait relaksasi PPKM level 4 akan dijelaskan oleh menteri koordinator dan menteri terkait.

Jokowi menyatakan pemerintah meningkatkan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat karena dampak pandemi COVID ini menyasar sektor ekonomi juga.

Sementara itu untuk meringankan beban masyarakat, Pemkot Surabaya membebaskan retribusi bagi pedagang Sentra Wisata Kuliner (SWK) se-Surabaya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved