Breaking News:

Berita Jember

Wamendag RI Jerry Sambuaga di Hadapan Wisudawan Unej : Kompetisi Tidak Perlu Ditakuti

Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga mengajak wisudawan Universitas Jember tidak takut berkompetisi.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa Humas Universitas Jember
Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga saat berpidato di acara wisuda Universitas Jember, Sabtu (5/6/2021) 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga mengajak wisudawan Universitas Jember tidak takut berkompetisi.

“Kompetisi tidak perlu ditakuti, sebab sudah hukum alam," kata Jerry. Pernyataan Jerry ini disampaikan ketika berpidato di hadapan 899 orang wisudawan Unej, Sabtu (5/6/2021).

Wamendag RI Jerry Sambuaga hadir dalam upacara wisuda periode IV tahun akademik 2020/2021 Universitas Jember.

Kehadiran Jerry Sambuaga dalam rangka memberikan motivasi bagi 899 lulusan Universitas Jember yang diwisuda secara daring dan luring terbatas di Gedung Auditorium.

Kepada wisudawan, Jerry menegaskan agar mereka membangun jiwa kompetisi. Karena kompetisi diyakini membuat seseorang tetap awas terhadap lingkungan sekitarnya dan mau tidak mau dituntut untuk meningkatkan kemampuan diri secara terus menerus, baik belajar sesuai dengan disiplin ilmu yang digeluti maupun menambah ketrampilan yang dibutuhkan sesuai tantangan jaman.

“Kompetisi tidak perlu ditakuti, sebab sudah hukum alam. Kompetisi juga menjadi faktor yang membuat orang atau organisasi berubah menjadi lebih baik. Kedua, selalu bersyukur dengan apa pun yang kita miliki dan gunakan sebagai modal berjuang. Ketiga, buka wawasan pemikiran seluas-luasnya sebab kompetitor kita di era globalisasi saat ini bukan saja dari Indonesia namun juga dari luar negeri,” urainya.

Dalam kesempatan itu pula, alumnus University of San Francisco dan Columbia University, Amerika Serikat tersebut mengimbau keluarga besar Universitas Jember, khususnya para mahasiswa untuk bangga dan cinta produk dalam negeri.

“Tidak hanya bangga dan cinta, tapi beli dan pakai produk Indonesia," imbuhnya.

Baca juga: Seperti Ini Kondisi Ibu Pembuang Bayi yang Baru Dilahirkan di Nglegok Kabupaten Blitar

Baca juga: Pembukaan Wisata Ketika Ramai Kabar Potensi Tsunami, Ini Imbauan Disparbud Kabupaten Trenggalek

Dia kemudian mencontohkan, sepatu yang dipakainya merupakan buatan pelaku usaha di Jawa Barat.

"Keren dan nyaman. Jika Anda memakai buatan Indonesia maka artinya membuka lapangan kerja, roda perekonomian kita berjalan dan secara tidak langsung mendorong makin banyak anak muda untuk membuka usaha rintisan,” tegasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved