Breaking News:

Berita Kediri

Pemkot Kediri Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik dan Sertifikat Digital

Pemkot Kediri juga memberikan wawasan perangkat daerah dalam menerapkan sertifikat elektronik dan TTE.

surya.co.id/didik mashudi
Peserta sosialisasi sosialisasi sertifikat elektronik dan tanda tangan digital di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri, Jumat (30/4/2021). 

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri mengundang perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) dan kelurahan untuk mengikuti sosialisasi sertifikat elektronik dan tanda tangan digital di Ruang Joyoboyo Balaikota Kediri, Jumat (30/4/2021).

Perubahan dokumen dari cetak ke digital juga turut mengubah metode tanda tangan dari manual ke tanda tangan berbasis digital atau Tanda Tangan Elektronik (TTE).

Pemkot Kediri juga memberikan wawasan perangkat daerah dalam menerapkan sertifikat elektronik dan TTE.

Terutama yang memiliki basis kerja pelayanan terhadap masyarakat yang perlu pembubuhan banyak tanda tangan untuk menerapkan TTE dan sertifikat elektronik.

Apip Permana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri menjelaskan, beberapa OPD di Pemkot Kediri sudah mulai menerapkan TTE atau sertifikat digital.

Di antaranya, seperti Dispendukcapil dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( DPMPTSP).

"Semoga kedepannya seluruh OPD dapat menggunakan TTE maupun sertifikat digital,” ujarnya.

Baca juga: Kerukunan Agama di Tuban Disebut Lampaui Standar Nasional, Ini Kata Bupati Fathul Huda

Apip menjelaskan, tanda tangan elektronik (TTE) memiliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sah selama memenuhi syarat, sesuai UU Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Diungkapkan, transaksi digital maupun TTE akan melekat pada setiap pekerjaan ASN mengingat semua informasi yang dikerjakan bersifat penting.

“Karena penting OPD dituntut untuk memahami keamanan informasi dan urusan persandian dalam membangun pemahaman penyelanggaraan dalam sistem elektronik di lingkup Pemkot Kediri,” terangnya.

Dengan adanya sosialiasi ini Apip berharap dapat meningkatkan kerjasama antar OPD, serta saling melengkapi baik dalam hal implementasi sertifikat elektronik dan TTE dalam pengamanan informasi terutama ketika bertransaksi secara elektronik.

Sementara bertindak sebagai narasumber Sandhi Prasetiawan, Kepala Seksi Pelayanan Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara serta Feri Sofian Efendi, Dosen Polinema.

BACA BERITA KEDIRI LAINNYA

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved