Breaking News:

SNMPTN 2021

Keketatan Program Studi Perlu Dipertimbangkan sebelum Pilih Jurusan di SNMPTN 2021

Keketatan atau tingkat persaingan dalam seleksi program studi (prodi) perlu dipertimbangkan untuk memetakan persaingan. 

surya.co.id/zainal arif
Suasana sosialisasi SNMPTN dan SNMPN penerimaan mahasiswa baru 2021 yang digelar secara virtual melalui zoom meeting, Jumat (15/1/2021). 

SURYA.CO.ID | SURABAYA - Keketatan atau tingkat persaingan dalam seleksi program studi (prodi) perlu dipertimbangkan untuk memetakan persaingan. 

Untuk itu, tiap tahunnya perguruan tinggi negeri merilis keketatan ataupun rasio peminat di tiap jurusan dan jalur seleksinya.

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universitas Airlangga (Unair), Achmad Solihin menjelaskan data keketatan tersebut sebagai gambaran tentang peminat prodi di tiap seleksi. 

"Tentunya itu sebagai bahan pertimbangan yang disesuaikan dengan kemampuan akademiknya untuk bisa lolos dalam persaingan,"urainya, Rabu (3/2/2021).

Ia pun menegaskan keketatan prodi merupakan persentase antara persentase peserta yang diterima dengan jumlah pendaftar. 

Misalnya, dari total 10.000 pendaftar untuk prodi di bidang Sains dan Teknologi (Saintek), PTN hanya menerima 100 mahasiswa, maka keketatannya sebesar 100:10.000 atau 1:100 atau 1 persen. Yang berarti dari 100 pendaftar hanya 1 orang yang diterima. 

"Semakin kecil persentase, maka semakin ketat atau tinggi persaingan untuk masuk ke prodi tersebut," urainya.

Berdasarkan data keketatan prodi S1 Unair jalur SNMPTN dan SBMPTN dari tahun 2020, lima prodi dengan keketatan tinggi di bidang Sainstek adalah Kedokteran, Farmasi, Sistem Informasi dan Kedokteran Gigi. 

Sementara untuk prodi bidang Sosial Humaniora (Soshum) yaitu Komunikasi, Manajemen, Psikologi, Hukum dan Hubungan Internasional.

"Para siswa diharapkan mempersiapkan diri untuk memilih prodi sesuai ilmu yang didapat di SMA atau sederajat. Hal ini akan menjadi acuan penilaian siswa dalam penerimaan jalur SNMPTN,"pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Institut Teknologi 10 Nopember,  Siti Machmudah mengungkapkan keketatan dalam prodi diperlukan untuk melihat peluang dalam SNMPTN dan SBMPTN.

"Kalau tingkat keketatan SNMPTN dan SBMPTN di tiap prodi rata-rata 1:13. Jadi dari 13 pemilih jurusan, hanya diterima satu orang,"urainya.

Selain keketatan jurusan, Siti Machmudah juga menekankan minat yang diinginkan pendaftar. Sehingga bisa beradaptasi dengan pembelajaran saat nantinya diterima.

Ia menjelaskan beberapa program studi yang tinggi peminat keketatannya bisa mencapai 1:20.

Seperti prodi Teknik Informatika, Arsitektur, Desain komunikasi visual, Sistem Informasi, Sains Aktuaria, dan Teknik Industri.

Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved