Pilbup Jember 2020

Abdussalam - Ifan Ariadna: Komunikasi Jadi Kunci Penyelesaian Persoalan Daerah

Pemetaan dan inventarisasi permasalahan mulai dari piranti kelembagaan paling bawah menjadi kunci dasar dalam menyelesaikan persoalan daerah.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Cak Sur
Istimewa
Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember nomor urut 3, Abdussalam dan Ifan Ariadna Wijaya saat mengikuti Debat Publik Pilbup Jember 2020. 

SURYA.CO.ID, JEMBER - Pemetaan dan inventarisasi permasalahan mulai dari piranti kelembagaan paling bawah menjadi kunci dasar dalam menyelesaikan persoalan daerah.  Pernyataan tersebut menjadi jawaban dari pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jember Abdussalam dan Ifan Ariadna Wijaya ketika menjawab pertanyaan dari tim panelis di debat kedua calon kepala daerah Jember, Minggu (22/11/2020) malam.

Seperti pada debat pertama, debat terbuka kedua ini juga digelar di Surabaya.

Warga Jember bisa memantau debat kandidat itu secara virtual, baik melalui televisi maupun kanal Youtube.

Tim panelis memberikan sejumlah pertanyaan kepada tiga pasangan calon kepala daerah. Satu di antaranya adalah pertanyaan tentang langkah dan strategi apa yang akan dilakukan oleh calon kepala daerah jika terpilih untuk mengatasi persoalan daerah.

Pasangan calon kepala daerah nomor urut tiga, Abdussalam - Ifan Ariadna Wijaya mendapatkan kesempatan menjawab pertama untuk pertanyaan tersebut.

"Pemetaan itu sangat penting, bagaimana inventarisasi permasalahan yang timbul di masyarakat mulai dari struktur kabupaten paling bawah, mulai dari tingkat RT/RW. Ini harus dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang ada. Kata kuncinya adalah, komunikasi harus dibangun. Termasuk pola kepemimpinan yang partisipatif, melibatkan semua stakeholder," ujar Calon Wakil Bupati Ifan Ariadna.

Ifan menegaskan, kata kunci komunikasi itu merupakan harga mati yang harus dilakukan oleh pemerintah. Dia menyebut, semua bisa memasang mata dan teling untuk mendengarkan dan melihat persoalan yang ada, kemudian mencari solusi jalan keluarganya.

Debat kedua itu mengangkat isu peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan penyelesaian persoalan daerah.

Tiga pasangan calon kepala daerah Jember yakni Paslon Faida - Dwi Arya Nugraha Oktavianto, Hendy Siswanto - Moh Balya Firjaun Barlaman, Abdussalam - Ifan Ariadna Wijaya, mengikuti debat terbuka tersebut.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved