Breaking News:

Market Berubah Akibat Pandemi Covid 19, UMKM Harus Beralih Digital Pasarkan Produknya

Pelaku UKM dituntut jeli dan menyesuaikan dalam memakai digital untuk memasarkan produknya.

Foto Istimewa
Webinar seri kedua yang diselengarakan Pertamina MOR V dan Smart FM Surabaya (KG Radio Network) yang bertema Rebound Strategi UMKM : Pengoptimalan Digital dalam penjualan terkait Pandemi Covid 19, pada Kamis (15/10/2020). 

SURYA.CO.ID - Pandemi Covid 19 memaksa pelaku UMKM melakukan perubahan strategi karena konsumen atau market yang berubah. Salah satunya mengoptimalkan penjualan melalui digital, baik media sosial maupun market place.

Pelaku UKM dituntut jeli dan menyesuaikan dalam memakai digital untuk memasarkan produknya.

Demikian salah satu tips yang disampaikan, Andri Firmansyah (Olshop Scientist & Social Media Practitioners, dan Owner Batitktusta) saat menjadi narasumber dalam webinar seri kedua yang diselengarakan Pertamina MOR V dan Smart FM Surabaya (KG Radio Network) yang bertema “Rebound Strategi UMKM : Pengoptimalan Digital dalam penjualan terkait Pandemi Covid 19, pada Kamis (15/10/2020).

Rustam Aji, Unit Manager Communication & CSR - Marketing Operation Region V mengatakan bahwa webinar untuk UMKM ini merupakan salah satu upaya PT. Pertamina dalam membangkitkan kembali ekonomi Indonesia yang terpuruk akibat pandemi Covid 19.

Webinar untuk UMKM ini juga sekaligus bentuk kewajiban CSR Pertamina melalui program kemitraan, yang salah satunya adalah membantu UMKM dalam permodalan, promosi dan peningkatan ketrampilan.

Pertamaina telah menerapkan program kemitraan sejak tahun 1994.

Lebih dari 50 ribu UKM telah merasakan dampak dari program kemitraan ini.

Dana yang telah tersalurkan untuk pengembangan UMKM sejak tahun 1993 lalu sebesar Rp 3,3 triliun.

Salah satu UMKM yang merasakan manfaat program kemitraan Pertamina adalah ibu Harifah - Kesra Bordir.

“Saya sangat terbantu dengan adanya program kemitraan Pertamina. Selain mendapat akses permodalan juga dibantu dalam promosi dan akses pasar serta peningkatan ketrampilan,” kata Harifah dalam testimoninya saat mengikuti webinar. (*)

Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved