Breaking News:

Virus Corona di Nganjuk

Bertemu Pegiat UMKM Nganjuk, DPRD Bersama DPMD Jatim Bahas Potensi BUMDes

Anggota DPRD Jatim, Istu Hari Subagio bertemu dengan sejumlah pegiat UMKM di Kabupaten Nganjuk

surya.co.id/bobby kolloway
Ketua Komisi A DPRD Jatim, Istu Hari Subagio bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jatim, M Yasin bertemu sejumlah pegiat UMKM di Kabupaten Nganjuk, Rabu (16/9/2020) malam. 

SURYA.CO.ID, NGANJUK - Anggota DPRD Jatim, Istu Hari Subagio bertemu dengan sejumlah pegiat UMKM di Kabupaten Nganjuk, Rabu (16/9/2020) malam.

Dalam pertemuan ini, Istu mendapatkan masukan di antaranya harapan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Tak sendiri, Istu yang juga Ketua Komisi A DPRD Jatim ini hadir bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jatim, M Yasin.

"Kami mendapatkan usulan untuk mendirikan BUMDes dari sejumlah Desa di Nganjuk," kata Istu ketika dikonfirmasi seusai acara.

"Banyak yang bertanya soal dasar hukum berserta sumber dana. Oleh karena itu, kami juga hadir bersama OPD terkait agar sosialisasi ini jelas diterima masyarakat," kata Istu yang juga Anggota Fraksi Golkar ini.

Dalam format serap aspirasi masa reses II tahun 2020 tersebut, Istu menyebut besarnya potensi pengembangan BUMDes di wilayah tersebut.

"Usulan serupa bukan hanya kali ini saja, sebab besar harapan masyarakat untuk bisa mengelola potensi daerah demi pengembangan jangka panjang," kata legislator dari Dapil Jatim XI (Nganjuk dan Madiun (kab/kota) ini.

Di sisi lain, Kepala DPMD Jatim, M Yasin pun menjelaskan besarnya potensi BUMDes saat ini.

Saat ini, sudah ada 5.432 BUMDes di Jawa Timur dan 413 di antaranya masuk tingkat berkembang dan maju.

Misalnya, BUMDes Pujon Kidul di Kabupaten Malang yang sukses menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) serta omset hingga miliaran.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved