Breaking News:

Idul Adha 2020

Penyembelihan Kurban di Polresta Malang Kota, Gandeng Dokter Hewan Universitas Brawijaya

Polresta Malang Kota menyiapkan sebanyak 24 hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2020.

tribun jatim/kukuh kurniawan
Suasana penyembelihan hewan kurban Polresta Malang Kota yang dilakukan di halaman belakang Mapolresta Malang Kota, Jumat (31/7/2020). 

SURYA.CO.ID, MALANG - Polresta Malang Kota melaksanakan penyembelihan hewan kurban, Jumat (31/7/2020).

Kasubbag Humas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengatakan, Polresta Malang Kota menyiapkan sebanyak 24 hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2020.

"Terdiri dari 6 ekor sapi dan 18 ekor kambing. Dimana hewan hewan kurban tersebut merupakan sumbangan dari para jajaran yang ada di Polresta Malang Kota," ujarnya.

Dirinya menjelaskan dari 24 hewan kurban, 15 hewan kurban telah didistribusikan dan disumbangkan kepada masyarakat.

"Kami lakukan pemotongan di halaman belakang Mapolresta Malang Kota. Daging hewan kurban tersebut akan kami berikan kepada masyarakat yang ada di sekitar Mapolresta Malang Kota," bebernya.

Dirinya menerangkan, pembagian daging hewan kurban dilakukan dengan tetap memenuhi protokol kesehatan.

"Kami bagikan kepada masyarakat langsung dari pintu ke pintu (door to door). Supaya tidak terjadi kerumunan masyarakat, karena saat ini masih dalam pandemi Covid 19," tambahnya.

Iptu Ni Made Seruni Marhaeni mengungkapkan pihaknya juga bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya untuk melakukan pengecekan kondisi kesehatan hewan kurban.

"Kami lakukan kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya. Mereka mengecek kondisi hewan kurban, baik sebelum dilakukan penyembelihan maupun sesudah dilakukan penyembelihan," jelasnya.

Sementara itu dokter hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya, drh Ahmad Fauzi mengungkapkan, kondisi hewan kurban Polresta Malang Kota dalam kondisi bagus.

"Setelah kami lakukan pemeriksaan hewan kurban, baik melalui ante mortem dan post mortem. Hasilnya baik dan sehat. Dan kami tidak menemukan penyakit apapun di hewan kurban," ungkapnya.

Selain itu dirinya juga mengapresiasi langkah Polresta Malang Kota, yang membungkus daging hewan kurban menggunakan plastik transparan.

"Memang saran kami, agar daging hewan kurban sebaiknya dimasukkan dalam kantung plastik transparan. Dan kami lihat, ternyata Polresta Malang Kota telah melakukan hal tersebut," terangnya.

Dirinya juga memberikan saran kepada masyarakat, agar jangan menyimpan daging hewan kurban memakai kresek warna hitam.

"Lebih baik disimpan memakai kantong plastik transparan. Bila memakai kresek plastik hitam, dikhawatirkan nanti daging kurban akan tercemar dengan plastiknya tersebut," pungkasnya.

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved