Virus Corona di Surabaya

Update Ari Puspitasari Perawat Surabaya Meninggal Positif COVID-19, Wanita Hamil Rentan Virus Corona

Ari Puspitasari perawat RS Royal Surabaya meninggal dunia karena terinfeksi COVID-19 dalam kondisi hamil. Seberapa rentan wanita hamil kena corona?

WhatsApp dan Instagram
Ari Puspitasari, perawat RS Royal Surabaya yang meninggal dalam kondisi hamil karena terinfeksi virus corona atau COVID-19. 

SURYA.co.id - Simak update tentang Ari Puspitasari perawat RS Royal Surabaya yang meninggal dunia setelah terinfeksi virus corona atau COVID-19.

Perawat yang sedang hamil 4 bulan ini meninggal setelah dirujuk ke RSAL dr Ramelan, setelah beberapa hari sebelumnya dirawat di RS Royal Surabaya. 

Juru bicara penanganan Covid-19 RS Royal dr Dewa Nyoman Sutanaya mengatakan, secara keilmuan memang wanita hamil lebih rentan terpapar virus corona.

"Yang kami tahu dia sedang hamil. Tapi secara keilmuan memang orang hamil lebih rentan (terpapar Corona). Karena hamil, selama bekerja sudah ada protokol dia tidak merawat pasien di ruang isolasi," pungkas Dewa.

Tangis Pilu antar Perawat Surabaya Ari Puspitasari, Rekan Tergeletak di Lantai: Semoga Syahid

Profil Perawat RS Royal Surabaya Hamil 4 Bulan Meninggal Positif Covid-19 dan Hoax Suami Tutup Usia

5 Fakta Ari Puspitasari, Perawat RS Royal Surabaya Gugur Diduga Terjangkit COVID-19, Berstatus PDP

Pendapat ini dibenarkan Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi. 

Joni menjelaskan, orang hamil memang termasuk dalam kategori yang rentan ketika terjangkit COVID-19 karena imunitas dan metabolisme yang berubah.

"Jantung, Diabetes, TBC, ketuaan, orang hamil itu betul-betul harus dijaga. Imunitas orang yang sedang hamil itu berubah. Respons terhadap virus dan penyakit juga berubah," ujar Joni.

Lantas, seberapa rentan wanita hamil terpapar virus corona?

Melansir dari Kompas dalam artikel 'Seberapa Rentan Wanita Hamil pada Virus Corona?', Centers for Disease Control and Prevention pernah merilis pernyataan resmi yaitu wanita hamil bisa lebih rentan terhadap infeksi virus pernapasan.

Infeksi itu termasuk COVID-19, karena tubuh mereka mengalami perubahan imunologis dan fisiologis.

Halaman
1234
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Musahadah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved