Sambang Kampung

Mengintip Produk Kuliner Hasil Panen KRPL KWT di RT 6 RW 3 Tambak Segaran Tambakrejo

Warga berharap, produk mereka dapat dijual ke masyarakat luas. Mereka pun berencana membuat inovasi-inovasi jajanan lainnya.

surabaya.tribunnews.com/sugiharto
Warga memamerkan aneka produk kuliner yang diolah dari hasil tanaman mereka. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Masa panen di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Kelompok Wanita Tani (KWT) Segaran Asri menjadi momen yang ditunggu oleh warga RT 6 RW 3 Tambak Segaran Kelurahan Tambakrejo Surabaya.

Warga yang datang akan membawa pulang berbagai sayuran hijau yang masih segar dan tentunya sehat karena tanpa menggunakan pestisida.

Hal ini pun membawa warga berpikir kreatif. Selain menjualnya dalam bentuk sayuran segar, mereka juga mengolahnya menjadi beragam produk makanan dan minuman.

"Niatnya memang untuk menambah penghasilan. Sementara ini, kami lakukan untuk kesehatan warga sendiri. Kalau warga sudah merasakan manfaatnya, baru dipasarkan ke luar," ungkap Luluk Hidayah, salah satu anggota KRPL KWT Segaran Asri RT 6 RW 3 Tambak Segaran.

Lanjutnya, warga ingin memanfaatkan potensi yang ada di dalam kampung untuk diolah menjadi berbagai produk.

"Ibu-ibu kampung bagi-bagi tugas, ada yang bikin jus, puding, keripik, dan lain-lain. Semuanya bisa bikin, tapi memang dibagi per orang," Luluk menambahkan.

Seperti dirinya yang bertugas memproduksi puding berbahan dasar sawi. Hidangan ini bisa menjadi alternatif jika anak-anak tidak doyan sayur.

"Anak-anak suka makan ini jadi bisa buat mengakali kalau mereka tidak suka sawi. Mereka tetap bisa mendapatkan nutrisinya dengan memakan puding ini," Luluk mengungkapkan.

Membuatnya tidak susah. Waktu yang diperlukan tidak sampai satu jam. Awalnya, sawi dikukus terlebih dahulu, kemudian diblender sampai halus.

"Setelah itu dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti santan, agar-agar, dan telur. Lalu dimasak sampai mendidih," terangnya.

Halaman
123
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved