Grahadi

Jawa Timur Waspada Virus Corona

Antisipasi Virus Corona, Wagub Emil Dardak: Semua Faskes Bisa Digunakan untuk Cek Kesehatan

Wagub Jatim, Emil Dardak mengajak masyarakat yang memiliki keluhan serta kekhawatiran terpapar virus corona untuk segera memeriksakan diri

Antisipasi Virus Corona, Wagub Emil Dardak: Semua Faskes Bisa Digunakan untuk Cek Kesehatan
SURYA.co.id/Sofyan Arif Candra Sakti
Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak mengajak masyarakat yang memiliki keluhan serta kekhawatiran terpapar virus corona (Covid-19) untuk segera memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan terdekat.

Menurut Emil, health screening (cek kesehatan) bisa dilakukan di semua faskes termasuk Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

"Kalau ada indikasi (Covid-19) baru dibawa ke rumah sakit rujukan," ucap Emil, Selasa (17/3/2020).

Pemprov Jatim sendiri telah menunjuk 44 rumah sakit rujukan Covid-19. Mulai dari RSUD dr Soetomo Surabaya, RSUD dr Saiful Anwar Malang, RSUD dr Soedono Madiun dan lainnya.

Emil mengatakan, dari 38 kabupaten/kota di Jatim memang ada beberapa kabupaten yang di daerahnya tidak terdapat rumah sakit rujukan.

"Kita harus bisa mempertimbangkan ketersediaan logistik untuk mendukung tenaga kesehatan di seluruh Jatim yang juga harus menjaga kondisi kesehatan lain (penyakit lain) yang harus ditangani oleh tenaga medis kita," kata Emil.

Untuk itu, 44 rumah sakit rujukan tersebut sudah melalui pemilihan baik dari kesiapan ruang isolasi, ventilator, alat kesehatan dan tenaga medis serta mempertimbangkan ketersediaan logistik termasuk Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved