Pilbup Jember 2020

Meski Tunda Daftar Jalur Perseorangan ke KPU Jember, Pasangan Faida - Vian Tetap Lakukan Konvoi

Ribuan orang pendukung bakal calon kepala daerah petahana, Faida, melakukan konvoi, Sabtu (22/2/2020) sore.

Meski Tunda Daftar Jalur Perseorangan ke KPU Jember, Pasangan Faida - Vian Tetap Lakukan Konvoi
SURYA.co.id/Sri Wahyunik
Konvoi pendukung Faida - Vian saat melintasi Jl Kalimantan, Jember, Sabtu (22/2/2020) 

SURYA.co.id | JEMBER - Ribuan orang pendukung bakal calon kepala daerah petahana, Faida, melakukan konvoi, Sabtu (22/2/2020) sore. Mereka berkonvoi melewati beberapa ruas jalan di dalam kawasan Kota Jember.

Ikut dalam konvoi itu, pasangan bakal calon kepala daerah, Faida - Vian (Dwi Arya Nugraha Oktavianto). Konvoi dimulai dari rumah pribadi keluarga Faida di Jl Letjen Panjaitan no 109 Kecamatan Sumbersari.

Saat berkonvoi mereka melewati Kantor KPU Jember di Jl Kalimantan.

Arak-arakan ini sempat membuat kaget sejumlah wartawan dan pegawai KPU Jember.

Sebab sebelumnya, telah terkonfirmasi jika pasangan Faida - Vian batal mendaftar ke KPU untuk jalur perseorangan. Pendaftaran mereka ditunda pada Minggu (23/2/2020).

"Kaget kok ada arak-arakan itu, katanya kan sudah ditunda besok. Saya kira mau belok ke kantor, ternyata hanya lewat karena konvoi," ujar seorang pegawai KPU.

Rupanya ribuan warga yang awalnya memenuhi jalan di depan rumah keluarga Faida tetap berkonvoi meskipun pendaftaran ditunda besok.

Konvoi itu antara lain terdiri dari konvoi sepeda motor, becak dan mobil. Pasangan Faida - Vian naik di sebuah mobil jeep di belakang mobil patroli polisi yang mengawal mereka.

Faida - Vian, juga sejumlah pendukungnya terlihat melambaikan tangan kepada warga yang melintasi Jl Kalimantan. Saat melewati Kantor KPU Jember, rombongan terus melaju.

"Sudah ada konfirmasi dari LO-nya, bahwa pendaftaran bakal calon kepala daerah Faida - Vian akan mendaftar besok. Awalnya siap hari ini, ternyata ditunda besok. Katanya besok pagi jam 8 pagi. Mereka menunda pendaftaran karena masih ada yang belum selesai," ujar Komisioner KPU Jember, Achmad Susanto.

Menurut Susanto, ada bebrapa berkas yang belum lengkap. Karena ada beberapa persyaratan belum siap, sehingga pendaftaran pasangan tersebut ditunda besok.

Ketika ditanya berapa jumlah dukungan untuk pasangan Faida - Vian yang sudah masuk ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon), Susanto menjawab ada sekitar 179 ribu dukungan mereka. Data itu belum dikumpulkan (submit) karena bisa jadi masih ada penambahan lagi.

Banyak Dukungan dari Warga, Pasangan Faida - Vian Tunda Pendaftaran Jalur Perseorangan ke KPU Jember

"Sebenarnya untuk syarat minimal dukungan sudah memenuhi, karena sudah mencapai 179 ribu. Kalau syarat minimal dukungan untuk calon perseorangan di Jember kan 121.127. Sedangkan untuk submit biasanya dilakukan bareng sama KPU. Pada prinsipnya, kami siap dan selalu menunggu mereka yang mau mendaftar," tegas Susanto.

Jalur perseorangan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 sudah dibuka mulai 19 Februari, dan berakhir Minggu (23/2/2020) besok.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved