Sambang Kampung

Alasan Warga RT 8 RW 9 Kembang Kuning I Surabaya Pilih Buah Markisa Jadi Ikon Kampung

Bukan tanpa alasan jika warga RT 8 RW 9 Kembang Kuning I Surabaya memilih buah markisa sebagai ikon kampung.

Alasan Warga RT 8 RW 9 Kembang Kuning I Surabaya Pilih Buah Markisa Jadi Ikon Kampung
surya.co.id/sugiharto
Seorang warga Kembang Kuning I RT 8 RW 9 memetik buah markisa di area kampung. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bukan tanpa alasan jika warga RT 8 RW 9 Kembang Kuning I Surabaya memilih buah markisa sebagai ikon kampung.

Satu di antara manfaat buah ini mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Memasuki kampung yang berada di kelurahan Darmo ini, mata akan disuguhi pemandangan pohon-pohon markisa yang merambat sampai ke langit-langit.

Saat musim panen tiba, buah markisa yang ranum akan menggantung pada ranting pohon. Warga pun boleh memetiknya secara cuma-cuma.

"Kami mulai menanam pohon markisa di kampung sejak akhir 2017. Sebelumnya, warga banyak yang menanam tanaman hias," ungkap Wiji Sulistiono, Ketua RW 9 Kelurahan Darmo, Rabu (5/2/2020).

Budidaya markisa di area kampung dimulai sejak Wiji secara iseng menanamnya secara pribadi di halaman rumahnya, saat ia masih menjabat sebagai ketua RT 8 RW 9 Kembang Kuning I.

"Saya dapat buah markisa dari teman. Buahnya terbuang, nggak dimanfaatkan. Akhirnya saya bawa pulang, bijinya saya tanam supaya halaman rumah kelihatan lebih rindang," ia menuturkan.

Lanjut Wiji, markisa dipilih sebagai ikon kampung karena belum ada kampung yang mengusung konsep itu sebelumnya. Selain itu, markisa memberi banyak manfaat dan bisa diolah menjadi berbagai macam produk.

"Saya belum tahu ada kampung markisa di Surabaya. Saya baca-baca di internet, markisa juga menghasilkan uang yang lumayan kalau dijual," paparnya.

Perawatannya pun, Wiji mengatakan, tidak susah. Tinggal diberi pupuk yang warga dapatkan dari pihak DKRTH Kota Surabaya.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved