Berita Surabaya

Berawal dari Hobi Bikin DIY, Firliana Buka Usaha Boneka Handame Lucu

Tak disangka, hobi yang dulu untuk mengisi waktu luang itu, kini membawanya membuka usaha beragam produk boneka handmade.

Berawal dari Hobi Bikin DIY, Firliana Buka Usaha Boneka Handame Lucu
ist
Firliana, seorang dollmaker, owner @peerlyhandmade. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Firliana, seorang dollmaker, mengatakan bahwa sejak dulu ia senang membuat kreasi do it yourself (DIY).

Tak disangka, hobi yang dulu untuk mengisi waktu luang itu, kini membawanya membuka usaha beragam produk boneka handmade.

Owner @peerlyhandmade ini mengatakan, mulai menjalankan usaha boneka handmade sekitar 2011 atau 2012.

"Awal mulanya, saya suka bikin project DIY. Saya mengoleksi berbagai buku DIY Jepang. Suatu ketika, saya ketemu buku tentang socks dolls. Iseng-iseng saya buat dan ternyata teman saya banyak yang suka. Teman saya iseng jualin, ternyata responnya bagus," ungkapnya.

Awal membuka usaha, Firliana mengatakan, ia membuat socks dolls dengan model yang simpel, seperti boneka monyet.

"Kemudian, saya kembangkan lagi. Akhirnya bikin yang bentuknya naga, unicorn, anjing, kucing, dan sebaginya," kata Firliana, Kamis (31/10).

Terbaru, ia memproduksi rag dolls yang menyerupai anak perempuan, lengkap dengan rambut dan baju yang girly dan menggemaskan.

"Rag dolls saya memang modelnya lebih ke perempuan. Baju-bajunya juga lebih fashion cewek. Tapi, tetap dibuat secara handmade," Firliana mengungkapkan.

Sesuai namanya, socks dolls memanfaatkan kaus kaki. Pada dasarnya semua kaus kaki bisa, namun hasil akan maksimal jika kualitasnya bagus.

"Supaya bagus, saya memilih bahan katun yang lebih tebal. Satu pasang kaus kaki ini akan menghasilkan satu boneka. Untuk membuatnya, membutuhkan penggambaran pola yang utuh per bagian, seperti bagian tumit diposisikan sebagai mulut, bagian atas sebagai tubuh boneka, dan seterusnya," paparnya.

Halaman
12
Tags
Boneka
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved