Khofifah Siapkan Kapal dan Pesawat Hercules Untuk Warga Jatim di Papua yang Ingin Pulang

"BPBD, Dinsos, dan Kesbangpol bergerak ke Papua. Kami ingin mengkomunikasikan dengan mereka jika mereka ingin kembali, kami siapkan," kata Khofifah.

Khofifah Siapkan Kapal dan Pesawat Hercules Untuk Warga Jatim di Papua yang Ingin Pulang
Istimewa
Kondisi 24 warga Sampang yang di pulangkan dari Wamena Papua, di Kantor Dinas Sosial Sampang, Jalan Rajawali Kecamatan/Kabupaten Sampang, Minggu (29/9/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Jawa Timur memfasilitasi pemulangan warga Jatim di Papua yang ingin pulang ke kampung halaman. 

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, sejumlah warga Jatim yang merantau ke Papua akan kembali pulang. 

Tim dari Pemprov yang terdiri dari Bakesbangpol, Dinas Sosial, serta BPBD kini tengah bergerak ke Papua untuk mengkomunikasikan pada warga Jawa Timur di sana. Bagi warga Jatim yang ingin pulang maka ada fasilitas armada, baik kapal laut maupun Pesawat Hercules. 

"BPBD, Dinsos, dan Kesbangpol bergerak ke Papua. Kami ingin mengkomunikasikan dengan mereka jika mereka ingin kembali, kami siapkan. Kami komunikasikan ke Dirjen Hubungan Laut, minta armada. Kami minta armada Hercules atau kapal laut untuk standby," kata Khofifah, Senin (30/9/2019).

Kemarin memang sudah ada warga Jawa Timur dari Wamena yang tiba di Jawa Timur. Mereka adalah warga Jatim yang dipulangkan lewat Semarang dengan mendendarai pesawat Hercules milik TNI AU. Total ada 54 orang yang dibawa dari Wamena.

Dari jumlah itu 14 diantaranya dijemput di Juanda. Dan sisanya dibawa ke Transito Bendul Merisi. Mereka adalah warga yang berasal dari Sampang, Mojokerto dan Lumajang.

"Artinya bahwa jika mereka ingin pulang, dan jika menurut mereka itu akan memberikan suasana yang lebih kondusif, kami fasilitasi. Apakah akhinya akan kembali ke kampung halaman atau ambil kerja dimana setelah pulang, baru akan dikomunikasikan kembali," kata Khofifah.

Saat ini pendataan bagi warga Jawa Timur masih dilakukan di Wamena dan Sentani. Pendataan dilakukan berbasis kabupaten kota. Karena Khofifah ingin agar dalam pemulangan nanti ada serah terima juga ke Dinas Sosial kabupaten kota yang bersangkutan.

"kami sudah punya contact person yang di Sentani dan Mawena. kami sedang ikhtiar. Untuk menyiapkan moda trsnsportasi yang bisa membawa banyak penumpang. kami meminta mereka dalam koordinasi. Saya komunikasikan ini dengan tim Wamena maupun Sentani dengan Makorem. Jadi insyallah mereka aman," kata mantan Mensos RI itu.

Sore ini, Khofifah juga akan bertemu dengan Bupati Mimika. Pertemuan tersebut salah satunya akan membahas tentang permasalahan masyarakat Jawa Timur yang ada di Papua.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved