Pilkada Sumenep 2020

Anggaran Pilkada Sumenep 2020 Naik dari Rp 67,4 Miliar Jadi Rp 68,3 Miliar, Begini Penjelasan KPU

KPU menaikan anggaran Pilkada Sumenep 2020 dari sebelumnya Rp 67,4 miliar menjadi sebesar Rp 68,3 miliar

Anggaran Pilkada Sumenep 2020 Naik dari Rp 67,4 Miliar Jadi Rp 68,3 Miliar, Begini Penjelasan KPU
TribunMadura.com/Ali Hafidz Syahbana
Suasana salah satu gudang KPU Sumenep. 

SURYA.co.id | SUMENEP - KPU menaikan anggaran Pilkada Sumenep 2020 dari sebelumnya Rp 67,4 miliar menjadi sebesar Rp 68,3 miliar. Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil, menyampaikan, kenaikan Rp 900 juta ini setelah pihaknya melakukan penyesuaian ulang.

"Ternyata setelah dilakukan penyesuaian mengalami pembengkakan hingga 900 juta. Dengan begitu kebutuhan anggaran untuk Pilkada mendatang sekitar Rp 68,3 miliar," kata Rafiqi, Jumat (23/8/2019).

Revisi anggaran itu merupakan penyesuaian pasca terbitnya Peraturan KPU Nomor 15/2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pilkada 2020. Dalam PKPU itu, masa jabatan tenaga Adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bertambah sebanyak dua bulan.

Sementara penyusunan anggaran sebelumnya mengacu pada PKPU yang lama dengan masa kontrak PPK delapan bulan.

"Kalau dalam anggaran sebelumnya, PPK hanya dianggarkan selama delapan bulan masa kerja, namun dalam PKPU yang baru itu menjadi 10 bulan masa kerja PPK," sambungnya.

Untuk perubahan masa kerja PPK itu otomatis berdampak kepada naiknya anggaran, yaitu terkait honorarium tenaga Adhoc dan sekaligus juga perubahan terhadap anggaran ATK di setiap masing-masing kecamatan.

"Tentunya itu nanti akan meningkat," ujarnya.

Hasil dari revisi rencana anggaran itu telah disampaikan kembali ke Pemkab Sumenep dengan harapan segera dibahas bersama.

Karena sesuai dengan PKPU tersebut, penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) anggaran Pilkada Sumenep itu sudah harus dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2019.

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved