OTT KPK

Menpora Imam Nahrawi Segera Diperiksa KPK soal Korupsi Dana Hibah Kemenpora

Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) Imam Nahrawi tak lama lagi akan diperiksa oleh KPK. Kepastian pemeriksaan itu disampaikan oleh pihak KPK.

Menpora Imam Nahrawi Segera Diperiksa KPK soal Korupsi Dana Hibah Kemenpora
tribun jatim/sofyan arif candra
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Menpora Imam Nahrawi Segera Diperiksa KPK soal Korupsi Dana Hibah Kemenpora 

SURYA.co.id - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora) Imam Nahrawi tak lama lagi akan diperiksa oleh KPK. Kepastian pemeriksaan itu disampaikan oleh pihak KPK.

Pemanggilan terhadap Imam Nahrawi itu untuk dimintai klarifikasi terkait kasus korupsi penyaluran dana hibah Kemenpora ke KONI Tahun Anggaran 2018.

"Kalau pemeriksaannya pasti, pasti klarifikasi. Pasti diperiksa, itu pasti," kata Ketua KPK, Agus Raharjo di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2018).

BREAKING NEWS - Pejabat Kementerian PUPR Dikabarkan Kena OTT KPK

Ustadz Abdul Somad Diacungi 2 Jari oleh Jemaah Setelah Bantah Dukung Jokowi

Saat ditanya waktu pemanggilannya, Agus Raharjo hanya mengatakan, "Anda tunggu saja."

KPK telah mengidentifikasi peruntukan dana hibah Kemenpora ke KONI itu akan digunakan untuk pembiayaan pengawasan dan pendampingan, mencakup antara lain penyusunan instrumen dan pengelolaan basis data berbasis android bagi atlet berprestasi dan pelatih berprestasi multicabang internasional.

Selanjutnya, penyusunan instrumen dan evaluasi hasil monitoring dan evaluasi atlet berprestasi menuju SEA Games 2019, dan penyusunan buku-buku pendukung wasping peningkatan prestasi olahraga nasional.

Duh Malunya Fahri Hamzah: PKS Jadi Contoh Partai Jelek oleh Khatib Salat Jumat

Tak Suka Cara Zulkifli Hasan Kelola Partai, Petinggi PAN Mundur Satu Per Satu

Pada kasus itu, KPK total telah menetapkan lima tersangka, yaitu Sekretaris Jenderal KONI, Ending Fuad Hamidy, dan Bendahara Umum KONI, Jhonny E Awuy. Mereka diduga sebagai pemberi.

Sedangkan yang diduga sebagai penerima, yakni Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga, Mulyana, Pejabat Pembuat Komitmen pada Kemenpora, Adhi Purnomo, dan kawan-kawan, staf Kementerian Pemuda dan Olahraga, Eko Triyanto, dan kawan-kawan.

KPK Geledah Ruang Menpora terkait Dugaan Korupsi Dana Hibah Kemenpora

Ruang Kerja Imam Nahrawi Digeledah KPK, Sekmenpora : Alhamdulillah Bukan Ruang Saya

Besaran dana hibah Kemenpora untuk KONI adalah Rp17,9 miliar.

Pada tahap awal, diduga KONI mengajukan proposal kepada Kemenpora untuk mendapatkan dana hibah itu.

Diduga pengajuan dan penyaluran dana hibah sebagai "akal akalan" dan tidak didasari kondisi yang sebenarnya.

Sebelum proposal diajukan, diduga telah ada kesepakatan antara oknum di Kementerian Pemuda dan Olahraga dan KONI untuk mengalokasikan fee sebesar 19,13 persen dari total dana hibah Rp17,9 miliar, yaitu sejumlah Rp3,4 miliar.

Dalam operasi tangkap tangan, tim KPK menyita sejumlah barang bukti antara lain uang sebesar Rp318 juta, buku tabungan dan ATM (saldo sekitar Rp 100 juta atas nama Awuy yang dalam penguasaan Mulyana), mobil Chevrolet Captiva warna biru milik Triyanto serta uang tunai dalam bingkisan plastik di Kantor KONI sejumlah Rp7 miliar.

Editor: Iksan Fauzi
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved