Breaking News:

Berita Gresik

Alun-alun Gresik akan jadi Kawasan Wisata Religi, Seperti Ini Konsepnya

ALUN-ALUN GRESIK. Air mancur, taman, dan fasilitas lain di alun-alun dipertahankan. Sementara di sekeliling alun-alun dibangun pedestrian.

Penulis: M Taufik | Editor: Yuli
repro: m taufik
Konsep Alun-alun Gresik. 

SURYA.co.id | GRESIK – Tak lama lagi, Alun-alun Gresik bakal disulap menjadi kawasan religi.

Dalam pemugaran ini, wajah alun-alun bakal dirombak total dan dikoneksikan langsung dengan Masjid Jami’ yang berada di sebelah baratnya.

Dari desain yang sudah disiapkan, di bagian tengah alun-alun bakal didirikan bangunan dua lantai berbentuk bulat yang terkoneksi dengan jalur pedestrian dan Masjid Jami’. Jalur penghubung itu bentuknya seperti flyover.

Air mancur, taman, dan beberapa fasilitas lain di dalam alun-alun tetap dipertahankan. Sementara di sekeliling alun-alun dibangun pedestrian yang juga terkoneksi dengan jalan penghubung di tengah alun-alun dan Masjid Jami’.

Tak hanya itu, kompleks kantor Pemkab dan Gedung DPRD Gresik di sebelah utara alun-alun juga bakal ikut dirombak.

Bangunan-bangunan itu direncanakan untuk pendukung kawasan Islamic Center, sementara dewan dan perkantoran di sana akan dibangunkan gedung baru di kawasan Bunder.   

“Pembangunan kawasan religi tersebut merupakan salah satu prioritas Pemkab Gresik, sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021,” ungkap Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Menurutnya, master plan terkait pemugaran alun-alun sudah disiapkan. Demikian halnya anggaran untuk proyek tersebut, juga telah dialokasikan melalui APBD Gresik. Jadwalnya, proyek ini bakal mulai dikerjakan tahun 2017 mendatang.

Disebutnya, pembangunan Islamic Center cukup penting bagi kabupaten Gresik.

Selain untuk mempertahankan kearifan lokal seiring derasnya arus budaya asing yang masuk, kawasan religi tersebut juga diyakini dapat menunjang dan peningkatan perekonomian masyarakat.

“Gresik adalah Kota Wali dan Kota Santri, karena itu kearifan budaya lokal harus tetap dipertahankan. Ini tidak ada tawar menawar. Sebesar apapun iklim investasi dan pertumbuhan industrialisasi di Gresik, tetap harus memperhatikan kearifan lokal,” tandas Sambari.

Beberapa waktu lalu, desain proyek alun-alun itu sudah dibeberkan Dinas Pekerjaan Umum Gresik bersama konsultan perencana di hadapan Bupati Sambari Halim Radianto.

Termasuk rencana proyek dan sejumlah detail terkait perubahan alun-alun juga dipaparkan dalam kesempatan itu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved