Pemberantasan Korupsi

Acuhkan Kapolda, 3 Komisioner Bawaslu Jatim Tolak Diberhentikan

#SURABAYA - Tiga Komisioner Bawaslu Jatim, yakni Sufyanto, Sri Sugeng Pudjiatmiko, dan Andreas Pardede, menolak dicopot sebelum jadi terdakwa.

Acuhkan Kapolda, 3 Komisioner Bawaslu Jatim Tolak Diberhentikan
m taufik
Komisioner Bawaslu Jatim Andreas Pardede (baju biru) dan Sri Sugeng Pudjiatmiko (baju putih) usai menjalani pemeriksaan di Polda Jatim, Selasa (26/5/2015). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Komisioner Bawaslu Jatim yang telah ditetapkan tersangka dugaan kasus korupsi dana hibah Pilgub senilai Rp 5,6 miliar oleh Polda Jatim menolak mundur dari jabatannya.

Penolakan tersebut ditegaskan oleh Agung Nugroho, pengacara tiga Komisioner Bawaslu Jatim, yakni Sufyanto, Sri Sugeng Pudjiatmiko, dan Andreas Pardede.

Menurut Agung, pihaknya menolak kliennya diberhentikan dari jabatan sebagai komisioner Bawaslu, karena pemberhentian itu dinilai melanggar Undang-undang (UU) nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu.

Dalam UU itu ditegaskan, bahwa anggota Bawaslu baru bisa diberhentikan dari tugasnya jika telah berstatus terdakwa. Sementara saat ini status Sufyanto, Sri Sugeng, dan Andreas baru tersangka.

"Dari situ sangat jelas, bahwa mereka baru bisa diberhentikan sementara ketika telah berstatus terdakwa,” tegasnya, kepada wartawan, Kamis (11/6/2015).

Untuk itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf boleh saja minta ke Bawaslu RI agar tiga komisioner yang sudah ditetapkan tersangka diberhentikan.

"Tapi aturan di Undang-undang tetap harus dihormati," tandas pengacara, yang juga mantan Komisioner KPU Jatim ini.

Apalagi, setelah ditetapkan sebagai tersangka, kliennya cukup kooperatif menjalani berbagai pemeriksaan oleh penyidik Polda Jatim.

dsad

Ketua Bawaslu Jatim, Sufyanto

Sampai saat ini Sufyanto, Sri Sugeng, dan Andreas masih tetap menjalankan tugas pengawasan proses Pilkada dan melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Halaman
12
Penulis: Mujib Anwar
Editor: Yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved