Citizen Reporter

4 Juara untuk Perpustakaan di Jatim

Perpustakaan sudah menjadi ruang publik dan bukan zamannya lagi perpustakaan hanya dimonopoli para peneliti, para kandidat master dan doktor.

4 Juara untuk Perpustakaan di Jatim
pixabay.com

Penganugerahan Nugra Jasa Darma Pustaloka merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Perpustakaan Nasional kepada perpustakaan dan masyarakat yang mendukung program literasi. Penghargaan itu diberikan di Integrity Convention Center, Gunung Sahari Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (6/9/2018).

Ada beberapa kategori yang dinilai di tingkat nasional. Itu meliputi koleksi deposit perpustakaan, lomba bercerita SD/MI, lomba perpustakaan SLTA, lomba perpustakaan desa/kelurahan, pustakawan terbaik, tokoh masyarakat yang berperan aktif terhadap pengembangan dan pembudayaan gemar membaca, pers dan insan pers, pelestarian naskah kuno, dan lifetime achievement.

M Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional mengatakan, tugas perpustakaan harus bisa memberi kemerdekaan dengan membaca di perpustakaan. Pengentasan kemiskinan dapat dilakukan dengan mengajak warga agar membaca di perpustakaan.

“Yang membaca buku bisa mewujudkan keterampilan yang didapatkan dari perpustakaan, seperti cara berdagang bakso, cara bertanam, cara beternak, cara memelihara ikan sehingga mereka bisa mengembangkan diri,” katanya.

Ia menambahkan, budaya baca dan literasi harus digali lebih dalam sehingga penulis-penulis budaya daerah tidak mengambil lagi dari Singapura atau negara lainnya yang nantinya dibawa ke luar negeri. “Jangan menunggu orang lain untuk menulis daerah kita,” ungkap Syarif.

Sebelum dibacakan pengumuman pemenang lomba, Najwa Sihab sebagai Duta Baca Nasional memberikan testimonimya. Perpustakaan sudah menjadi ruang publik dan bukan zamannya lagi perpustakaan hanya dimonopoli para peneliti, para kandidat master dan doktor.

Perpustakaan bukan hanya tentang buku, melainkan juga segala bentuk ekspresi terbaik kemanusiaan. Itu mulai dari seni rupa, seni pertunjukan hingga film, musik, maupun teknologi.

Saat pembacaan pemenang nasional, empat kategori diraih Jawa Timur. Keempatnya adalah Juara 1 Perpustakaan Desa, Juara 2 Pustakawan Berprestasi, Juara Harapan 1 Perpustakaan SMA/SMK/MA, dan Juara Favorit Lomba Bercerita SD/MI.

Sorak penonton terdengar bersahutan karena acara pamungkas ditutup Judika dengan pembawaan lagu-lagunya yang sudah dikenal para penggemarnya. Suasana menjadi hidup ketika Candra, anak Papua pemenang bercerita, berduet dengan Judika.

Bambang Cahyo Purnomo
Kepala Perpustakaan SMA Negeri 1 Manyar Gresik
perpussman1manyargresik@gmail.com

Editor: Endah Imawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help