Berita Ponorogo

Setahun Lebih Tunggu Harta Karun di Gentong Ajaib, Pria Ini malah Tertipu Belasan Juta Rupiah

Penantian Muhamad Sabil (56), selama setahun untuk mendapatkan harta karun berakhir tragis.

Setahun Lebih Tunggu Harta Karun di Gentong Ajaib, Pria Ini malah Tertipu Belasan Juta Rupiah
Foto: humas polres ponorogo
Pelaku Siswoyo (tengah) diamankan di Mapolres Ponorogo berikut barang buktinya berupa gentong ajaib dan sejumlah uang mainan. 

SURYA.co.id|PONOROGO - Penantian Muhamad Sabil (56), selama setahun untuk mendapatkan harta karun berakhir tragis. Bukannnya mendapatkan kekayaan, dia justru tertipu hingga belasan juta rupiah.

Warga Desa Kepuh Rubuh, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo ini hanya mendapatkan uang palsu dan uang mainan.

Padahal, ia sudah menjalani sejumlah ritual, berpuasa selama 21 hari, salat di masjid Tegal Sari, serta membayar sejumlah uang mahar.

Sabil dijanjikan akan mendapatkan harta karun di dalam "gentong ajaib" oleh seorang pria bernama Siswoyo (40) warga Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Keniten, Kecamatan Ponorogo. Ternyata, janji itu hanyalah bohong belaka.

Kasubbag Humas Polres Ponorogo, AKP Sudarmanto, menuturkan kasus penipuan bermodus "gentong ajaib" ini bermula pada sekitar November 2016, silam.

Saat itu, korban penipuan yang bernama Sabil didatangi oleh Siswoyo. Saat itu, pelaku meminta tolong kepada korban untuk membuka harta karun di dalam gentong.

Pelaku, kata Sudarmanto, menjanjikan akan membagi harta karun dari gentong itu dengan korban, namun dengan beberapa syarat.

Oleh pelaku, korban diminta untuk melakukan puasa selama 21 hari dan rajin salat di Masjid Tegalsari.

"Korban juga dimintai uang mahar senilai Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta setiap kali melakukan ritual," terang Sudarmanto, Rabu (14/3/2018).

Korban yang berharap mendapatkan harta karun, melakukan ritual yang diperintahkan pelaku hingga berbulan-bulan.

Halaman
12
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help