Berita Lumajang

Kerap Dikeluhkan Tak Tepat Sasaran, Penyaluran Bansos di Kabupaten Lumajang akan Dievaluasi

Pemerintah Kabupaten Lumajang tengah mencari solusi dalam percepatan efisiensi penyaluran bantuan sosial agar lebih tepat sasaran.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/erwin wicaksono
Bupati Lumajang Thoriqul Haq 

SURYA.CO.ID, LUMAJANG - Pemerintah Kabupaten Lumajang tengah mencari solusi dalam percepatan efisiensi penyaluran bantuan sosial agar lebih tepat sasaran.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyerukan agar kelembagaan tataran RT/RW dilibatkan dalam pendataan terhadap perubahan penerima bantuan.

"Keterlibatan RT/RW akan dimaksimalkan. Pendataan meliputi bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan sosial lainnya," ujar Thoriqul ketika dikonfirmasi, Kamis (1/12/2022).

Pria yang akrab disapa Cak Thoriq ini kerap menerima keluhan masyarakat mengenai adanya penyaluran bantuan yang tidak tepat sasaran.

Baca juga: Buaya Muara Terlihat di Pesisir Selatan Kabupaten Lumajang, Warga Diimbau Waspada

Sebagai solusi, pihaknya akan memaksimalkan pemasangan keterangan keluarga miskin terhadap rumah-rumah warga, yang berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Alhasil, monitoring ketepatan sasaran penerima bantuan sosial akan dilakukan Dinas Sosial bersama lembaga RT/RW.

"Secara skema di lapangan nanti Dinas Sosial Kabupaten Lumajang kami minta ada forum dengan Ketua RT/RW untuk mengatasi penyaluran bantuan sosial yang masih belum tepat sasaran," katanya.

Terakhir, Cak Thoriq menegaskan tengah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk mengganti data penerima bantuan sosial sesuai verifikasi yang ada di lapangan.

Pasalnya, ada beberapa bantuan yang dilaporkan tidak tepat sasaran.

Namun Thoriq belum menjelaskan secara gamblang terkait jumlah validitas pendataan warga penerima bantuan sosial.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved