Berita Blitar

Ada Temuan 74 Kasus Baru HIV di Kota Blitar Sejak Januari Hingga Oktober 2022

Temuan kasus baru HIV itu dari hasil pemeriksaan di pelayanan Voluntary Counselling and Testing (VCT) di Kota Blitar.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Titis Jati Permata
surya.co.id/samsul hadi
Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, dr Dharma Setiawan 

SURYA.CO.ID, BLITAR - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar menemukan 74 kasus baru penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kota Blitar sepanjang Januari-Oktober 2022.

Temuan kasus baru HIV itu dari hasil pemeriksaan di pelayanan Voluntary Counselling and Testing (VCT) di Kota Blitar.

"Januari-Oktober 2022 ini ada temuan 74 kasus baru penderita HIV di Kota Blitar. Kalau jumlah akumulasi kasus HIV di Kota Blitar sekitar 400 kasus," kata Administrator Kesehatan Ahli Muda Dinkes Kota Blitar, dr Trianang Setyawan, Kamis (1/12/2022).

Trianang mengatakan temuan sejumlah kasus baru itu dari hasil pemeriksaan di pelayanan VCT di Kota Blitar.

Dinkes Kota Blitar memiliki dua jenis pelayanan VCT, yaitu, pelayanan pasif dan pelayanan aktif secara mobile kepada kalangan berisiko.

"Pelayanan pasif ini ada orang sakit kami periksa, kalau pelayanan aktif kami menyasar pemeriksaan kepada faktor berisiko seperti waria," ujarnya.

Baca juga: Peringati Hari AIDS Sedunia di Kabupaten Tulungagung, Bagi Bunga dan Gelar Senam Massal

Menurutnya, dari temuan 74 kasus baru HIV itu bukan hanya warga Kota Blitar. Temuan kasus baru itu sebagian juga dari warga di luar Kota Blitar.

"Temuan kasus baru itu bukan hanya dari warga Kota Blitar, tapi juga ada yang dari luar kota yang periksa di Kota Blitar. Karena karakteristik penderita HIV, biasanya mereka melakukan tes di luar daerahnya," katanya.

Dikatakannya, jumlah temuan kasus baru HIV pada 2022 ini hampir sama dengan temuan kasus baru pada tahun sebelumnya. Pada 2021, Dinkes menemukan 79 kasus baru HIV.

Baca juga: Industri Jasa Keuangan Kediri Alami Perkembangan Positif, Ini Indikatornya

Kepala Dinkes Kota Blitar, dr Dharma Setiawan menambahkan peringatan Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember 2022 ini dipusatkan di Kelurahan Karangtengah.

Dalam kesempatan itu, Dinkes mengajak komunitas peduli HIV/AIDS, yaitu Yayasan Mahameru untuk bekerjasama menemukan kasus, pengobatan kasus, dan pelaksanaan pendampingan.

Dikatakannya, Hari AIDS Sedunia tahun ini mengambil tema Satukan Langkah Cegah HIV Semua Setara Akhiri AIDS.

"Dalam momen ini, Kota Blitar sepakat bersama masyarakat melakukan kegiatan mobile VCT dalam rangka mencegah penularan HIV/AIDS," katanya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved