Berita Probolinggo

KPU Kota Probolinggo Buka Pendaftaran PPK dan PPS, Butuh 112 0rang untuk Gelar Tahapan Pemilu 2024

Total kebutuhan KPU Kota Probolinggo untuk PPK 25 orang dan PPS 87 orang, mereka akan menyelenggarakan tahapan Pemilu di 5 kecamatan dan 29 kelurahan.

Penulis: Danendra Kusumawardana | Editor: Cak Sur
Istimewa
KPU Kota Probolinggo resmi membuka pendaftaran PPK dan PPS, Senin (21/11/2022).  

SURYA.CO.ID, PROBOLINGGO - KPU Kota Probolinggo resmi membuka pendaftaran badan adhoc Pemilu Tahun 2024, yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS)

Total kebutuhan KPU Kota Probolinggo untuk PPK 25 orang dan PPS 87 orang. 

Mereka akan menyelenggarakan tahapan Pemilu di 5 kecamatan dan 29 kelurahan di Kota Probolinggo.

Komisioner KPU Kota Probolinggo, Radfan Faisal mengatakan, pembentukan badan adhoc Pemilu Tahun 2024 merujuk pada Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. 

Serta, Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022 tentang Pedoman Teknis Pembentukan Badan Adhoc Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.

Diketahui, pendaftaran PPK dimulai tanggal 20-29 November 2022. Sementara pendaftaran PPS dimulai tanggal 18-27 Desember 2022.

"Itu baru tahapan pendaftaran. Sementara tahapan lainnya juga mengatur detail hingga nanti pelantikan," kata Radfan, Senin (21/11/2022). 

Dia menyebut, proses pendaftaran ini akan melalui serangkaian tahapan, yakni pengumuman, penerimaan pendaftaran, penelitian administrasi, pengumuman hasil dan penelitian administrasi. 

Lalu seleksi tertulis, pengumuman hasil seleksi tertulis, tanggapan dan masukan masyarakat, wawancara, pengumuman hasil seleksi, penetapan serta pelantikan.

“Pendaftaran PPK dan PPS ini sifatnya terbuka untuk umum. Siapapun yang memenuhi persyaratan dipersilakan mendaftar. Terkait persyaratan apa saja, termasuk dokumen kelengkapan yang dibutuhkan, bisa diunduh di laman resmi KPU Kota Probolinggo," jelasnya. 

Radfan mengungkapkan, proses pendaftaran PPK saat ini jauh lebih mudah karena tidak perlu hadir langsung ke kantor KPU.

Pendaftaran bisa melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA) yakni di laman siakba.kpu.go.id. 

"Setelah datanya masuk, kemudian kami lakukan penelitian administrasi," urainya. 

Meskipun pendaftaran bisa dilakukan melalui daring, KPU Kota Probolinggo tetap memberikan pelayanan bagi masyarakat yang ingin mendapat informasi melalui help desk yang ada di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Prabu Linggih.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved