Berita Gresik

Alokasikan 20 Persen APBD Gresik 2023 Fokus untuk Tangani Kemiskinan

Upaya penurunan angka kemiskinan di Gresik menjadi prioritas, 20 persen APBD Kabupaten Gresik difokuskan untuk menangani kemiskinan.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Cak Sur
Istimewa
Ketua DPRD Gresik, Abdul Qodir. 

SURYA.CO.ID, GRESIK - 20 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gresik fokus untuk menangani kemiskinan.

Hal tersebut menunjukkan upaya penurunan angka kemiskinan di Gresik menjadi prioritas.

Ketua DPRD Gresik, Abdul Qodir menuturkan, dalam pembahasan Rancangan APBD 2023 sudah memasuki tahap akhir. Badan Anggaran (Banggar) DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Gresik sudah melaksanakan finalisasi.

"Tinggal pengesahan saja. Insya Allah pekan depan disahkan," ujar Cak Qodir, sapaan akrabnya, Jumat (18/11/2022).

Lebih lanjut, politisi asal Wringinanom ini menambahkan, dalam APBD 2023 isu kemiskinan menjadi salah satu program prioritas. Selain infrastruktur dan banjir Kali Lamong. Dari alokasi belanja daerah sebesar Rp 4,1 triliun, 20 persennya untuk penanganan kemiskinan.

"Kalau dihitung-hitung, persentase untuk penanganan kemiskinan sebesar 20 persen. Karena sifatnya kan melekat di beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah)," imbuhnya.

Seperti Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Ekonomi Kreatif, Kepemudaan dan Olahraga. Kemudian Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan.

"Di sana ada alokasi untuk mendorong ekonomi kreatif, kemudian juga ada penurunan UMKM dan dinas-dinas lainnya," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved