Berita Surabaya

Ayo Saksikan Parade Surabaya Juang, Ada Banyak Teatrikal Hingga Aksi Cak Eri Menunggang Kuda

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama para forkopimda akan menunggang kuda dalam gelaran Parade Surabaya Juang pada Minggu (6/11/2022) besok.

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Cak Sur
SURYA.CO.ID/Bobby Constantine Koloway
Ilustrasi, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menjajal wahana tunggang kuda di Eco Wisata Romokalisari Kota Surabaya beberapa waktu lalu. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Pemkot Surabaya akan menggelar Parade Surabaya Juang pada Minggu (6/11/2022) besok.

Di momen tersebut, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama para pejabat di lingkungan forkopimda akan menunggang kuda di sepanjang rute yang dilalui. 

Acara ini merupakan rangkaian dari peringatan Hari Pahlawan di 10 November.

Setelah vakum selama dua tahun, pagelaran teatrikal bertema sejarah pertempuran 10 November 1945 akan menempuh rute historis.

Rencananya, rombongan akan memulai perjalanan dari Monumen Tugu Pahlawan hingga selesai di Balai Kota Surabaya.

Rutenya, mereka akan melalui Jalan Pahlawan, Jalan Kramat Gantung, Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan, Jalan Gubernur Suryo, Jalan Yos Sudarso, Jalan Jaksa Agung Suprapto dan berakhir di Balai Kota Surabaya.

Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menjelaskan, akan ada teatrikal di sejumlah titik.

Di antaranya, di depan Gedung Siola di Jalan Tunjungan, di depan Hotel Majapahit, di depan Gedung Negara Grahadi di Jalan Gubernur Suryo dan berakhir di Halaman Balai Kota Surabaya

“Para penampil yang mengikuti kegiatan ini juga beragam, seperti drum band, puluhan komunitas, hingga ratusan masyarakat umum," kata Kepala Bidang Kebudayaan Disbudporapar Kota Surabaya, Herry Purwadi, Sabtu (5/11/2022). 

Nantinya, ada 100 orang masyarakat umum yang akan terlibat dalam pagelaran Parade Surabaya Juang.

"Kami membuka pendaftaran, kemudian ada 290 yang mendaftar. Tapi karena keterbatasan tempat dan waktu, sehingga kami batasi 100 orang. Jadi kami ingin mengajak masyarakat untuk berpartisipasi di dalam Parade Surabaya Juang,” ungkapnya. 

Menariknya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Forkopimda Kota Surabaya akan menunggangi kuda. Ini menjadi momentum kali pertama untuk seorang Wali Kota menunggang kuda di acara ini. 

Kemudian, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya beserta para istri Forkopimda akan menaiki Jeep Willys.

“Akan diawali oleh pertunjukan teatrikal oleh Rooderbrug Surabaya dan juga Renactor Indonesia," ujar Herry. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved