WhatsApp

CARA MENGETAHUI Akun WhatsApp (WA) Dibajak atau Tidak dan Tutorial Memulihkannya

Berikut cara mudah untuk mengetahui akun WhatsApp (WA) dibajak atau tidak, serta tutorial memulihkannya.

MacMagazine
Foto Ilustrasi whatsapp. Simak cara mudah untuk mengetahui akun WhatsApp (WA) dibajak atau tidak, serta tutorial memulihkannya. 

SURYA.co.id - Ada cara mudah untuk mengetahui akun WhatsApp (WA) dibajak atau tidak, serta tutorial memulihkannya.

Diketahui, WhatsApp menjadi aplikasi pesan sosial paling populer di dunia dengan pengguna aktif bulanan sebanyak 2 miliar.

Tentunya, pengguna sebanyak itu membuat WhatsApp menjadi sasaran empuk untuk para pelakukan penjahat siber mengeruk keuntungan.

Salah satunya, para hacker itu kerap membajak atau mengambil alih akun pengguna secara paksa.

Baca juga: CARA CEPAT Mengembalikan Akun WhatsApp (WA) yang Terlanjur Dibajak, Laporkan ke Email Ini

Hal itu bisa berdampak fatal karena Anda bisa kehilangan privasi, pesan-pesan pribadi dan data pengguna bocor, hingga disalahgunakan untuk kejahatan lain termasuk kerugian secara finansial.

Karena itu, Anda harus mengetahui dan memastikan akun WhatsApp Anda tidak disalah gunakan dan dibajak oleh tangan-tangan jahil.

Berikut beberapa cara mudah untuk mengetahui apakah akun WhatsApp dibajak, melansir dari Infokomputer.grid.id dalam artikel 'Begini Cara Mengetahui Akun WhatsApp Anda Dibajak dan Memulihkannya'.

1. Akun Keluar Tiba-Tiba

Akun WhatsApp yang tiba-tiba keluar atau log out bisa menjadi tanda bahwa akun dibajak karena akun WhatsApp tidak bisa digunakan di dua smartphone secara bersamaan.

Apalagi, bukti pembajakan bisa menjadi semakin kuat apabila pengguna tiba-tiba mendapat SMS yang berisi informasi kode One Time Password (OTP). Kode OTP memang dibutuhkan ketika pengguna ingin masuk atau log in ke dalam akun WhatsApp di aplikasi baru.

2. Ada Pesan Asing Terkirim

Anda harus mengecek apakah dalam daftar pesan pengguna ada pesan terkirim tanpa sepengetahuan pengguna atau bukan pengguna yang mengirimkannya.

3. Pesan Masuk Terbaca Sendiri

Aplikasi WhatsApp memiliki 'tanda baca' centang dua berwarna biru. Anda juga harus memerhatikan apakah ada pesan yang belum dibaca tetapi sudah memiliki tanda baca biru.

Halaman
123
Sumber: Info Komputer
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved