Berita Nganjuk

Penderita Capai 1.838 Orang, Dinkes Bersama KPAD Nganjuk Jalankan Mobile VCT

Dinkes Nganjuk bersama Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Nganjuk melakukan kegiatan pencegahan penyebaran penyakit HIV/Aids.

Penulis: Ahmad Amru Muiz | Editor: irwan sy
Pemkab Nganjuk
Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Nganjuk saat menjalankan mobile voluntary Conseling and Testing (VCT). Petugas (kanan) sedang melakukan pemeriksaan HIV/Aids dengan sasaran kelompok masyarakat yang rawan dan berisiko terkena penyakit mematikan tersebut. 

Berita Nganjuk

SURYA.co.id | NGANJUK - Dinas Kesehatan (Dinkes) Nganjuk bersama Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Nganjuk melakukan kegiatan pencegahan penyebaran penyakit HIV/Aids.

Kegiatan itu dilakukan dengan menjalankan mobile voluntary Conseling and Testing (VCT).

Kepala Bidang P2PL Dinkes Nganjuk, Ikhrom Wjayadi, menjelaskan kegiatan VCT kali ini dilakukan di Desa Banaran kecamatan kertosono Nganjuk.

Mobile VCT dalam kegiatan tersebut berupaya mencari atau penemuan penderita HIV/Aids yang dilakukan secara keliling dan menyasar ke sasaran kelompok berisiko.

"Kali ini kami lakukan Mobile VCT untuk masyarakat yang tergabung dalam komunitas LSL di Kertosono. Untuk mendeteksi apakah diantara anggota Komunitas LSL tersebut ada yang terkena HIV/Aids atau tidak," kata Ikhrom Wijayadi, kemarin.

Dari Hasil pemeriksaan yang dilakukan melalui Mobile VCT, dikatakan Ikhrom, dari sebanyak 23 orang diperoleh hasil seluruhnya berstatus Non-Reaktif (NR).

Terlebih beberapa diantaranya juga sudah pernah beberapa kali mengikuti pemeriksaan.

"Hal ini cukukp baik, dimana setelah dilakukan pemeriksaan didapatkan hasil bahwa 23 orang komunitas LSL Kertosono ini tidak terkena HIV/Aids alias Non-Reaktif (NR)," ucap Ikhrom.

Sebelumnya, Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi meminta pencegahan penyebaran penyakit HIV/Aids semakin ditingkatkan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved