Berita Surabaya

Hotel Majapahit Surabaya & YBSI Undang Veteran Surabaya Dalam Peringati Peristiwa Perobekan Bendera

Hotel Majapahit Surabaya bersama Yayasan Bangun Sehat Indonesia (YBSI) mengundang para veteran Surabaya

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: irwan sy
YBSI
Kegiatan bakti sosial dengan mengundang para veteran dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77, sekaligus napak tilas peristiwa perobekan bendera Belanda yang terjadi di atas Hotel Majapahit Surabaya (sekarang) sekaligus peringatan HUT PIPEL ke 7, yang digelar management Hotel Majapahit bersama YBSI. 

Berita Surabaya

SURYA.co.id | SURABAYA - Peristiwa perobekan bendera Belanda yang terjadi di masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan seusai proklamasi di Kota Surabaya, diperingati setiap bulan September.

Di tahun 2022 ini, puncak peringatan telah digelar pada Minggu (19/9/2022) lalu di depan Hotel Majapahit, di kawasan Jalan Tunjungan secara meriah dengan melibatkan banyak pihak, termasuk pemerintah kota Surabaya.

Selain kegiatan tersebut, terselip kegiatan sosial yang digelar Hotel Majapahit bersama Yayasan Bangun Sehat Indonesia (YBSI) di hari yang sama, dengan mengundang para veteran Surabaya.

GM Majapahit Hotel, Mr Kahar Salamun mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari napak tilas sejarah perjuangan bangsa berupa perobekan bendera Belanda di atas Hotel Orange, sekarang Hotel Majapahit Surabaya.

"Kami bersama YBSI menggelar bakti kepedulian bagi veteran di Balai Andika Hotel Majapahit. Baksos kesehatan dan pemberian taliasih dalam rangka Hut Ke 77 Kemerdekaan RI dan HUT ke 7 PIPAL," kata Mr Kahar, Kamis (22/9/2022).

Kegiatan melibatkan sekitar 40 orang veteran yang berasal dari LVRI Kota Surabaya dan 35 orang anggota PIPAL (Persatuan Istri Purnawirawan TNI AL) dari berbagai wilayah Surabaya.

Mr Kahar juga menyampaikan, rasa syukur dan terima kasih atas kesediaan hadirnya para veteran di hotel Majapahit Surabaya.

"Hotel ini didirikan tahun 1911, sudah berusia 111 tahun dan merupakan heritage yang menyimpan sejarah besar tentang makna perjuangan bangsa Indonesia. Pada 19 September 1945, di hotel inilah sejarah arti merdeka itu diwujudkan," kata Mr Kahar.

Tampak hadir Wakil ketua LVRI Mada Surabaya Kolonel purn TNI AL Gitoyo.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved