Dokter Spesialis Ungkap Teknologi Pengobatan Modern Laser dan Radiofrekuensi untuk Atasi Wasir

Teknologi canggih untuk pengobatan wasir atau ambeien, memanfaatkan gelombang radio berfrekuensi tinggi yang dihantarkan melalui elektroda microfiber

Penulis: Wiwit Purwanto | Editor: Cak Sur
Istimewa
Lewat pengobatan dengan laser dan Radiofrekuensi bisa membantu masyarakat mendapatkan kemudahan untuk melakukan pengobatan wasir 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Wasir atau ambeien adalah istilah populer dari penyakit hemoroid, yaitu membengkaknya pembuluh darah vena di sekitar anus.

Tentu hal ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga mengakibatkan penurunan kualitas hidup penderitanya.

Penyakit yang terjadi di area anus ini, penyebabnya bisa terjadi karena beberapa faktor. Antara lain, kurangnya konsumsi makanan berserat, konstipasi, usia, keturunan, kebiasaan duduk terlalu lama, peningkatan tekanan abdominal karena tumor, pola buang air besar yang salah, hubungan seks peranal, kurangnya asupan cairan, kurang olahraga dan kehamilan.

“Gejala utama dari wasir adalah perdarahan, nyeri, bengkak dan gatal pada anus, serta adanya feses yang berlendir,” ungkap dr Mozart Sp.B, dokter spesialis bedah Vena Wasir Center yang berpraktek di RS Kartika Pulomas, Minggu (19/9/2022).

Namun, dalam beberapa kasus mungkin gejala yang muncul hanya satu atau bahkan ada beberapa gejala yang dapat muncul secara bersamaan.

Jenis wasir terbagi menjadi dua berdasarkan lokasinya, yaitu wasir internal, pembuluh darah yang membengkak tidak terlihat dari luar. Lalu wasir eksternal, pembengkakan pembuluh darah tampak dari luar dan terasa lebih nyeri.

Berdasarkan derajat atau tingkat keparahannya, wasir dibagi menjadi 4, yaitu 1 benjolan wasir terletak di dalam anus dan tidak bisa dilihat dari luar, derajat 2 benjolan sudah mulai keluar dari anus ketika sedang BAB, namun masih bisa masuk kembali dengan sendirinya.

Kemudian, wasir dengan derajat 3, biasanya benjolan yang muncul tidak lagi bisa masuk sendiri, harus dibantu dengan dorongan jari. Terakhir, pada derajat 4, benjolannya sudah tidak bisa masuk lagi ke dalam anus.

“Pengobatan wasir bergantung pada kondisi, seperti ukuran, dan jenis wasir, apakah termasuk wasir internal atau eksternal. Dan apakah kondisnya akut atau kronis,” jelas dr Mozart.

Hal inilah yang membutuhkan pasien lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Halaman
123
Sumber: Bangka Pos
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved