Berita Surabaya

Wujudkan Smart City, PENS Bareng Telkom dan Kominfo Serahkan Modul Smart PJU ke Dishub Gresik

PENS, Telkom dan Kominfo menyerahkan modul Smart PJU ke Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik untuk mendukung terciptanya Smart City.

Penulis: Sulvi Sofiana | Editor: Titis Jati Permata
Foto Istimewa PENS
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), TELKOM dan KOMINFO menyerahkan modul Smart PJU ke Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik untuk mendukung terciptanya Smart City. 

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Telkom dan Kominfo menyerahkan modul Smart PJU ke Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik untuk mendukung terciptanya Smart City.

Amang Sudarsono, Wakil Direktur bidang Kerjasama dan Teknologi PENS mengungkapkan Modul PJU yang diserahkan ini merupakan Smart PJU, yang dapat dikontrol, berkomunikasi serta komputasi melalui dunia siber, atau dikenal dengan Cyber Physical System.

Perangkat PJU ini didukung oleh PT Telkom dan untuk pengembangan Sumber Daya Manusianya disupport oleh Kementerian Kominfo melalui program TSA (Talent Scouting Academy) yang bekerja sama pula dengan PENS.

“Meski telah diserahkan kepada Dishub Gresik, namun bukan berarti program ini lantas terhenti. Kami masih punya beberapa pengembangan baik fitur maupun inovasi agar PJU dapat beroperasi lebih optimal,” ujar Amang, Kamis (15/9/2022).

Amang pun menyampaikan jika Smart PJU ini mendukung efisiensi energi melalui intensitas cahaya yang dihasilkan.

Solar panel akan mengubah energi matahari untuk kemudian disimpan di baterai yang kemudian mensupport lampu jalan selama kurang lebih 12 jam per hari.

“PENS siap mendukung pengembangan teknologi Smart City di Kabupaten Gresik. Dan jika kami mendapat kesempatan lagi untuk berkolaborasi, kami masih ingin membenamkan beberapa kecerdasan pada modul PJU maupun modul lainnya,”terangnya.

Kabid Tata Kelola Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan Kab Gresik, Arditra Risdiansah ST menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas hibah smart PJU ini.

Karena selama ini untuk wilayah Kabupaten Gresik masih menggunakan PJU konvensional.

“Ini sejalan dengan program pengembangan Smart City yang telah disampaikan oleh Bupati Gresik. Dan, pasca diserahkan ini, kami akan langsung memulai proses instalasi modul di 6 titik di ruas Jalan Jaksa Agung Suprapto bersama tim dosen dan mahasiswa PENS,” kata Arditra.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved