Berita Madiun

Lapas Pemuda Madiun Gagalkan Penyelundupan Narkoba Menggunakan Ketapel, Pelaku Ditabrak Gerobak

Pelaku menyelundupkan narkotika ke sala Lapas Pemuda Madiun menggunakan ketapel pada Senin (8/8/2022), pukul 11.00 WIB. Begini kronologi lengkapnya

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Cak Sur
Istimewa
Pelaku upaya penyeludupan narkoba ke dalam Lapas Pemuda Madiun digagalkan petugas. Petugas menunjukan narkoba yang dibungkus plastik berwarna ungu. 

SURYA.CO.ID, MADIUN - Upaya penyelundupan narkoba ke Lapas Pemuda Madiun kembali digagalkan petugas.

Pelaku penyeludupan, Barta Bima Rachmawan dilumpuhkan setelah upaya pelariannya digagalkan petugas dengan menabrakkan gerobak sampah.

Kakanwil Kemenkumham Jatim, Zaeroji mengatakan, awalnya Barta berencana menyelundupkan narkotika ke Lapas Pemuda Madiun menggunakan ketapel pada Senin (8/8/2022), pukul 11.00 WIB.

Ia melancarkan aksinya dari sekitar rumah dinas pegawai yang berada di belakang Lapas.

Karena gelagat yang mencurigakan, seorang petugas Lapas, Lukman yang saat itu sedang bertugas di luar lapas menegur Barta.

Karena takut ketahuan, Barta mencoba melarikan diri menggunakan sepeda motor. Seketika itu juga Lukman berteriak untuk meminta bantuan dari petugas lain.

Mendengar teriakan tersebut, Petugas Lapas, Zafero yang saat itu sedang mengawal narapidana mengikuti program asimilasi kebersihan sekitar lapas menabrakkan gerobak sampah yang ada di sampingnya ke pelaku.

Barta pun terjatuh dari sepeda motor berwarna merah yang dikendarainya.

"Petugas langsung membekuk pelaku dan menyita barang bukti berupa ketapel yang dibawanya," kata Zaeroji, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (9/8/2022).

Tak sampai di situ, petugas lalu mengecek barang yang sempat dilempar oleh Barta ke dalam Lapas dibungkus plastik berwarna ungu.

"Perlu waktu hingga 2,5 jam untuk menemukan barang tersebut di sekitar area gereja dalam lapas. Barang yang dilempar baru ditemukan sekitar pukul 13.30 WIB, di bawah pohon pisang di dekat Gereja Lapas," ujar Kalapas Pemuda Madiun, Ardian Nova.

Nova menjelaskan, pihaknya lalu melakukan sinergi bersama pihak Satreskoba Polres Madiun Kota terkait temuan tersebut.

Tak lama, Kasat Reskoba Polres Madiun Kota, AKP Eka Supriyadi datang ke Lapas dan bersama-sama memeriksa bungkusan hasil lemparan tersebut.

Setelah dilakukan olah TKP dan pemeriksaan, dari bungkusan tersebut di dalamnya berisi barang yang di duga narkoba jenis sabu-sabu.

"Dalam bungkusan tersebut berisi barang yang diduga narkotika berupa satu paket sabu-sabu seberat 0,67 gram dibungkus plastik warna ungu beserta pemberat batu," jelas Nova.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved